Opera Luncurkan ‘Coast’, Web Browser Untuk iPad

0
78
No ratings yet.

Opera telah meluncurkan browser baru untuk iPad yang disebut Coast. Hal ini adalah hasil dari kerja selama hampir satu setengah tahun yang terlahir dari rasa frustrasi bahwa browser belum benar-benar berubah sejak beberapa tahun yang lalu meskipun fakta menunjukkan bahwa perangkat telah berkembang banyak sejak saat itu. Dengan perangkat multi-touch seperti tablet, Huib Kleinhout – pemimpin proyek Coast – percaya bahwa browser harus selalu berkembang seiring dengan waktu.

Dengan Coast, mereka ingin menciptakan sebuah browser tablet yang menghilangkan segala kerumitan dalam varian desktop dengan pemikiran bahwa pengguna tablet tidak menggunakan browser sebagai alat utama mereka. Membuat antarmuka tablet baru dengan elemen yang lebih besar tidaklah cukup.

Opera Coast hampir tidak menggunakan elemen-elemen antarmuka pengguna selain sebuah tombol home di bawah layar dan tombol kecil lain untuk menampilkan situs yang terakhir dikunjungi. Hal-hal lain selain itu dilakukan melalui gestur seperti yang bisa Anda bayangkan seperti biasanya. Sapukan ke kiri atau ke kanan untuk maju atau kembali lewat riwayat browsing, dan sebagainya.

Daftar bookmark tradisional digantikan dengan sebuah home screen bergaya iOS dengan ikon-ikon besar untuk situs-situs favorit Anda. Terdapat pula bar pencarian di home screen yang menggunakan layanan backend Opera untuk menunjukkan hasil saat Anda mengetik.

Saat ini aplikasi ini tersedia untuk iOS. Belum jelas kapan versi Android akan diluncurkan walaupun Kleinhout mengatakan bahwa mereka pasti akan membawa browser ini untuk platform lainnya.

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here