Selamat Ulang Tahun ke-10 Untuk Gmail

0
51

Hari April Mop mungkin bukan tanggal terbaik untuk meluncurkan secara live produk web baru yang revolusioner tapi tepat seperti itulah yang dilakukan oleh Google 10 tahun yang lalu dengan Gmail. Pada tanggal 1 April 10 tahun yang lalu, atau 1 April 2004, layanan email itu memulai debutnya, dengan jumlah ruang yang besar untuk penyimpanan dan sejumlah fitur inovatif yang membuatnya menjadi salah satu layanan yang paling kompetitif.

Tidak terlalu mengejutkan kalau pencarian adalah salah satu fitur inti Gmail. Walau bagaimana pun, Google adalah sebuah perusahaan pencarian pada saat itu – dan sedikit lebih. Anda harus ingat, ini adalah sebelum adanya Android, Google +, Google News atau usaha sampingan lainnya.

Di antara fitur yang membedakan Gmail dari Hotmail dan Yahoo adalah tampilan percakapan ulir (threaded) miliknya, kemampuan untuk mengirimkan lampiran sampai dengan 25MB dalam ukuran, efektif penyaringan spam dan ruang penyimpanan sebesar 1GB per akun. Yang terakhir adalah luar biasa karena ruang itu 500 kali lebih besar dari yang ditawarkan oleh Hotmail pada saat itu dan lebih dari yang dibutuhkan oleh siapa pun.

Layanan itu dibangun menggunakan sebuah hack dari JavaScript yang dikenal sebagai Ajax yang memungkinkan pesan untuk muncul tanpa harus me-refresh seluruh halaman. Ajax sudah ada selama beberapa tahun pada saat ini tapi script itu tidak benar-benar muncul secara mainstream sampai saat Gmail mulai menggunakannya.

Hampir tiga tahun dalam pembuatan, layanan itu tetap dalam status beta selama lebih dari lima tahun dan penggunanya hanya mereka yang diundang (invite-only) hingga bulan Februari 2007.

Gmail kini memiliki sekitar setengah miliar pengguna dan konsep-konsep yang digunakannya adalah konsep yang biasa digunakan dalam industri.

 

Sumber: techspot.com

Loading...
loading...
SHARE

LEAVE A REPLY