Selamat Ulang Tahun ke-9 Untuk Firefox

0
51
No ratings yet.

Web browser Firefox dari Mozilla merayakan ulang tahunnya yang kesembilan hari ini. Versi 1.0 dari web browser itu memulai debutnya pada tanggal 9 November 2004 silam, sebagai alternatif browser yang mandiri untuk Mozilla Suite yang telah bengkak yang terdiri dari Navigator (web browser), Communicator (Mozilla mail dan newsgroup), sebuah pembuat halaman web (Mozilla Composer), sebuah klien IRC (ChatZilla) dan sebuah buku alamat.

Mozilla mengumumkan rencana untuk mengalihkan fokus mereka dari Mozilla Suite ke Firefox dan Thunderbird pada bulan April 2003 tapi hal itu dari awalnya tidak berjalan mulus. Proyek browser tersebut pada awalnya dikenal dengan nama Phoenix namun namanya terpaksa diubah menjadi Firebird karena sengketa merek dagang dengan Phoenix Technologies. Tentu saja, Firebird bukanlah pilihan nama populer juga karena mengundang kecaman dari proyek perangkat lunak database gratis Firebird.

Akhirnya, pada bulan Februari 2004, yayasan memutuskan untuk memberi nama Mozilla Firefox, atau yang lebih sering disebut hanya dengan Firefox saja. Setelah debutnya di akhir tahun 2004, Firefox menjadi pesaing serius Internet Explorer dari Microsoft dengan berhasil mengumpulkan 100 juta download di tahun pertamanya saja. Pada tahun 2009, browser tersebut telah di-download sebanyak lebih dari satu miliar kali.

Saat ini, Firefox adalah browser yang paling populer kedua atau ketiga di dunia tergantung pada statistik yang Anda ikuti. Misalnya, perusahaan analisis sosial Shareaholic baru-baru ini menyatakan Google Chrome sebagai web browser terbaik di dunia di pangsa pasar 34,68 persen dengan Firefox datang di tempat kedua di 16,60 persen. Sementara itu StatCounter menempatkan Internet Explorer di depan Firefox sebanyak hampir 10 persen.

Apakah pilihan web browser Anda saat ini?

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here