Shumway, Pengganti Flash Player dari Mozilla

0
264
No ratings yet.

Sekarang kita akan membahas mengenai Shumway sebagai pengganti Flash Player dari Mozilla. Flash berperan dalam menghadirkan audio, video dan animasi ke Internet di akhir tahun ’90-an namun telah berkembang menjadi salah satu perangkat lunak yang paling tidak disukai di era modern. Hampir semua browser mobile tidak lagi mendukung Flash karena sejumlah isu termasuk keamanan, daya tahan baterai dan kinerjanya,  tetapi Flash masih sangat banyak digunakan pada desktop.

Jika format itu tidak akan mati dalam waktu dekat, tampaknya langkah terbaik berikutnya adalah untuk menggantikan Flash Player. Itulah yang telah dilakukan oleh Mozilla sejak awal tahun 2012 lalu dengan sebuah proyek yang disebut Shumway. Shumway menggunakan HTML5 dan JavaScript untuk menawarkan prosesor run-time untuk SWF dan format rich-media lainnya. Kabar baiknya adalah bahwa Shumway akan bekerja pada platform yang implementasi runtime-nya tidak tersedia.

Loading...

Masih banyak yang harus dikerjakan namun kini Anda dapat mencoba alternatif Flash Player itu di build terbaru Firefox Nightly (versi 27). Program itu tidak teraktivasi secara default jadi Anda harus menavigasi ke about:config dan menyalakannya. Menariknya, Anda masih perlu menginstal Flash Player (untuk saat ini).

Shumway belum mampu menjalankan semua aplikasi Flash komersial tetapi beberapa demo awal Shumway Inspector secara online di Mozilla terlihat menjanjikan. Kita masih harus melihat apakah program ini pada akhirnya akan mampu mereplikasi seluruh kemampuan Flash Player.

Build final Shumway sebagai pengganti Flash Player diharapkan untuk masuk ke dalam rilis Firefox untuk publik awal tahun depan.

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here