Tips Online Aman Ala Norton

0
58

Meski ditemukan banyak sekali kasus kebobolan, bukan berarti password tidak dapat dilindungi. Norton memberikan tips supaya terhindar dari kejahatan cyber :

Yang pertama adalah pemilihan password yang unik. Caranya dengan mengkombinasikan penggunaan huruf kecil dan huruf kapital, angka dan juga simbol. Kombinasi semacam ini akan sangat menyulitkan hacker.

Selanjutnya adalah dengan cara menghapus email dari pengirim yang tidak dikenal. Apalagi kalau terdapat lampiran file yang tidak jelas. Karena lampiran file tersebut bisa saja mengarah ke instalasi malware yang dapat menginfeksi perangkat pengguna.

Waspada juga dengan tawaran menarik di media sosial. Untuk memastikan tawaran itu, arahkan mouse ke link yang sudah diberikan. Kalau linknya mengarah ke perusahaan yang terkenal, kemungkinan tawaran itu valid. Tapi kalau mengarah ke link yang tidak sesuai, sebaiknya tidak usah.

Tips selanjutnya dengan sering memantau transaksi di dalam rekening. Bila ditemukan transaksi yang mencurigakan, maka segera laporkan ke perbankan. Seringkali penjahat cyber melakukan transaksi dalam jumlah kecil untuk bisa memastikan targetnya sudah ditembus.

Selain itu seringlah melakukan backup data pribadi. Tujuannya untuk menghindari pencurian data yang bisa saja dimanfaatkan meminta tebusan.

Penggunaan aplikasi keamanan juga jadi pertimbangan pengguna untuk berjaga-jaga. Karena manusia pasti memiliki unsur kelalaian, sehingga penggunaan aplikasi keamanan bisa mengantisipasinya. Disamping itu aplikasi keamanan juga memudahkan pengguna memantau aktivitas yang mencurigakan.

Tips terakhir dengan melaporkan temuan kejahatan cyber ke pihak yang berwajib. Dengan begitu ancamannya dapat ditelusuri untuk ditemukan pelakunya.

Loading...
loading...
SHARE
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY