Tong Sampah Pintar yang Mengumpulkan Data Anda?

0
86

Sebuah tong sampah berteknologi tinggi dari Inggris yang muncul dengan nama Renew dapat mengumpulkan lebih dari sekedar sampah tak terpakai Anda. Renew Pod ini, yang ditempatkan di berbagai wilayah tertentu di London menjelang Olimpiade tahun lalu, awalnya didesain untuk menyajikan video iklan menggunakan layar di kedua sisi tong sampah itu.

Sejak saat itu unit tersebut telah dipasangi dengan apa yang disebut oleh perusahaan sebagai Renew ORB, suatu perangkat menggunakan teknologi Wi-Fi untuk diam-diam mengendus dan mengumpulkan informasi dari smartphone di dekatnya. Mengingat setidaknya ada 100 dari tong sampah daur ulang itu yang tersebar di seluruh kota, ada banyak sekali data yang dapat disedot tanpa izin.

Loading...

Jelasnya, tong sampah itu mampu menangkap kedekatan smartphone ke ORB, seberapa cepat smartphone itu melakukan perjalanan (seberapa cepat Anda berjalan) dan berapa lama smartphone tersebut berada dalam jangkauan. Selain itu, Renew bahkan dapat menentukan produsen perangkat mobile Anda dari alamat MAC perangkat tersebut.

Mengapa sebuah perusahaan ingin mengumpulkan informasi seperti ini dari para pejalan kaki yang tidak curiga? Sebuah pernyataan dari situs Renew menyatakan bahwa idenya adalah untuk mengukur berbagai variabel dalam pangsa pasar antara para penyedia handheld mobile di Square Mile di London – konsentrasi tertinggi para profesional di Eropa.

Dengan kata lain, mereka mengumpulkan informasi Anda untuk tujuan periklanan. Quartz menunjukkan bahwa data-data tersebut akan dijual kepada pengiklan dalam upaya untuk membantu mereka lebih menargetkan kampanye mereka – kampanye yang akan dijalankan lewat video di Renew Pod.

Sebenarnya para pengguna memiliki opsi untuk “keluar” dari dilacak dengan cara menonaktifkan Wi-Fi atau mengisi sebuah formulir online. Namun keduanya terasa sedikit merepotkan, terlebih saat kita mengingat bahwa sebanyak 80 persen dari orang-orang di London selalu emngaktifkan Wi-Fi pada perangkat mobile mereka.

 

Sumber: techspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here