Facebook sudah berstatus sebagai jejaring sosial terbesar dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna terdaftar di Facebook. Namun masih ada saja yang mengganjal di benak sang pendirinya, Mark Zuckerberg. Yaitu Facebook belum dapat menembus pasar China.

Dengan miliaran penduduk, China adalah pasar yang sangat menggiurkan untuk Facebook. Sayang pemerintah China sangatlah ketat dalam mengatur akses internet penduduknya dan gemar sekali memblokir banyak website. Facebook adalah salah satunya.

Maka Zuck terindikasi sangat berusaha keras untuk membuka blokir situsnya di China. Dia sudah sering kali datang ke China dan kunjungannya itu diberitakan luas di Cina.

Zuck juga cukup cakap dalam berbahasa Mandarin yang sering sekali diucap kala berada di China. Kebetulan, istrinya Priscila Chan adalah keturunan China dan anaknya yang bernama Max, punya nama China Chen Mingyu.

Saat ini, Zuck tengah berada di negara itu. Ia pamer sedang jogging di kota Beijing. Agendanya sangatlah padat. Ia bertemu dengan pendiri Alibaba, Jack Ma. Lalu yang menyedot perhatian adalah ia menemui pejabat China, Liu Yushan.

Dikutip dari Guardian, Liu juga berharap Zuck bisa membantu pengusaha internet China supaya semakin maju. Namun belum ada tanda Facebook akan mendapatkan izin beroperasi di China.

Tidak hanya Facebook, jejaring sosial contohnya Twitter terkena blokir di China. Pemblokiran jejaring sosial itu membuat warga setempat memakai buatan negeri sendiri, sebut saja Weibo. Demikian juga Google yang sering diblokir karena kalah dari mesin cari setempat, Baidu.

SHARE
Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here