8 Film Bollywood Hasil Meniru Hollywood, Tapi Kok Bagus?

0
25

Industri film India memang bisa dikatakan maju meski dikatakan banyak meniru industri film barat. Sebut saja istilah Bollywood yang meniru nama Hollywood. Namun, bukan hanya kata Bollywood saja, ada 8 film India yang meniru film Hollwood secara terang-terangan. Apa sajakah itu?

8. Black dari Miracle Worker

Miracle Worker adalah sebuah film autobiografi yang menceritakan tentang seorang penulis ternama Helen Keller dan tutornya Anne Sulivan. Film yang dirilis pada tahun 1962 ini ternyata juga diadaptasi oleh Bollywood dengan judul Black.

Film Black sendiri juga diperankan oleh pemeran kenamaan yakni Amitabh Baachan dan Rani Mukkerji. Kedua film ini memiliki jalan cerita yang sama meski memang tidak dijelaskan apakah terinspirasi dari kisah Helen Keller dan Anne Sulivan.

7. Jo Jeeta Wohi Sikander dari Breaking Away

Di posisi ke tujuh film Bollywood hasil meniru Hollywood ada Jo Jeeta Wohi Sikander yang diperankan oleh Aamir Khan. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari film lawas tahun 1976 yang berjudul Breaking Away. 

Film Breaking Away sendiri merupakan film yang menceritakan tentang sebuah lomba sepeda. Meski banyak yang mengatakan film ini memiliki banyak perbedaan, namun dari plot cerita dan juga klimaks dari ceritanya tidak dapat dipungkiri jika keduanya sangat mirip.

6. Sholay dari Magnificent Seven

Film berjudul Magnificent Seven ini sebenarnya cukup unik karena awalnya merupakan film Jepang karya Akira Kurosawa, yang kemudian diadaptasi ke film Hollywood dengan judul yang sama dengan gaya berbeda dan kemudian terakhir diadaptasi ke film Bollywood dengan judul Sholay.

BACA JUGA:  “The Hunger Games: Catching Fire” Diputar Perdana di London

Film yang menceritakan tentang tujuh orang pembela kebenaran yang harus melawan sekumpulan gangster ini awalnya adalah tujuh orang samurai namun berubah seiring dengan siapa yang mengadaptasi filmnya.

5. Sangharsh dari Silence of The Lamb

No Merchandising. Editorial Use Only
Mandatory Credit: Photo by Everett Collection / Rex Features ( 411879fv )
‘THE SILENCE OF THE LAMBS’ – Anthony Hopkins – 1991
VARIOUS

Film Bollywood hasil meniru Hollywood selanjutnya adalah Snagharsh dari Silence of The Lamb. Film ini sendiri merupakan film horor thriller yang menceritakan tentang seorang psikopat. Diperankan oleh pemeran ternama seperti Jody Foster dan Anthony Hopkins, film ini populer.

Nah tak lepas dari incaran Bollywood, film ini kemudian diadaptasi menjadi film berjudul Sangharsh yang diperankan oleh bintang Bollywood seperti Preity Zinta, Ashtosh Rana dan juga Akhsay Kumar. Penasaran bagaimana pembunuh psikopat versi India?

4. Ghajini dari Memento

Memento adalah salah satu film karya Christopher Nolan yang berhasil membuat publik ternganga dengan kejeniusan jalan ceritanya. Film Memento ternyata juga tidak lepas dari incaran sutradara Bollywood yang kemudian mengadaptasi filmnya menjadi film Bollywood berjudul Ghajini. 

Dengan sentuhan Bollywood seperti tari-tarian dan nyanyian, film Ghajini diperankan oleh Aamir Khan yang secara sukses membawa karakter yang kehilangan ingatannya dalam waktu singkat. Baik Ghajini maupun Memento harus kamu tonton deh.

3. Sarkar dari The Godfather

Siapa pecinta film klasik yang tidak mengenal nama The Godfather yang merupakan trilogi dari novel terkenal karya Mario Puzo. Ya, film ini juga menjadi salah satu film Bollywood hasil meniru Hollywood yang sukses di pasaran India sana.

BACA JUGA:  Film Mortal Kombat Menunggu Jadwal Rilis

Nama pemerannya juga tidak kalah populer yakni Amitabh Bachchan yang mana merupakan salah satu aktor senior di India. Meskipun demikian, Amitab Bachchan dianggap sukses memerankan sosok Al Pacino yang mana ia berubah menjadi mafia yang menguasai India.

2. Chachi 420 dari Mrs. Doubtfire

Mrs. Doubtfire adalah salah satu film ikonik dari almarhum aktor kenamaan, Robin Williams. Film dengan gaya komedi segar ini ternyata juga menjadi salah satu film yang dibuat versi Bollywoodnya, meski secara ilegal.

Film berjudul Chachi 420 membawa ide yang sama dimana seorang pria menyamar menjadi seorang ibu tua dan berhasil menyelesaikan permasalahannya. Tidak hanya ceritanya, make up yang digunakan juga mendapatkan pujian.

1. Kaante dari Resevoir Dogs

Reservoir Dogs bisa dibilang merupakan salah satu film klasik terbaik karya sutradara kenamaan, Quentin Qarantino. Film yang bercerita tentang dunia kriminal dari orang Meksiko di Amerika ini ternyata secara sempurna diadaptasi menjadi film Bollywood dan juga sukses.

Sanjay Gupta kembali meniru jalan cerita Resevoir Dogs dengan judul film Kaante yang menceritakan sekumpulan orang India di Amerika yang berencana merampok sebuah bank. Meskipun ide ceritanya meniru, sepertinya Sanjay Gupta mendapat banyak pujian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here