10 Aplikasi Rumah Pintar Terbaik, Bikin Rumah Makin Canggih

0
66

Di jaman sekarang, tidak sedikit perabot rumah tangga yang dibuat dengan canggih sehingga lebih mudah digunakan. Bahkan perabot rumah tangga tersebut dapat bekerja sendiri dengan kecerdasan buatan. Rumah pintar tersebut dikendalikan dengan aplikasi rumah pintar terbaik berikut ini.

Hanya saja, agar aplikasi rumah pintar tersebut dapat berjalan dengan baik kita juga perlu melengkapi atau mengganti perabot rumah kita dengan perabot pintar. Berikut ulasan singkat mengenai aplikasi smart home atau rumah pintar tersebut.

10. Wemo

Aplikasi rumah pintar yang pertama adalah Wemo. Aplikasi Wemo dikembangkan untuk automatisasi ruamah mulai dari tombol lampu hingga perlindungan rumah. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri fungsinya dengan If This Then That.

Artinya, Anda bisa mengatur rumah untuk menyalakan AC saat sistem mendeteksi kedatangan Anda ke rumah dengan menyesuaikan kondisi udara di luar ruangan pula. Canggih bukan?

9. Phillips Hue

Meski masih terbatas fungsinya pada penerangan di rumah, Phillips Hue dapat membuat kediaman Anda lebih terlihat hidup. Aplikasi ini akan secara sadar atau otomatis menyalakan lampu saat Anda pulang ke rumah atau kondisi ruangan gelap.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memberikan perintah suara untuk menyalakan atau mematikan lampu. Bahkan Anda juga bisa memasukkan gambar favorit Anda ke lamu dan memancarkannya di ruangan.

8. Honeywell Home

Selanjutnya ada Honeywell Home yang bisa dibilang sangat lengkap untuk sebuah rumah pintar. Anda bisa mengatur mulai dari keamanan rumah seperti cctv langsung ke perangkat smartphone Anda hingga pembersih udara yang secara otomatis akan menyala bila kualitas udara kurang baik.

Namun untuk mendukung banyak fungsi dari aplikasi rumah pintar Honeywell Home tersebut, Anda juga harus melengkapi produk yang mendukung fungsi rumah pintar dari Honeywell.

7. Ecobee

Ecobee menjadi salah satu aplikasi untuk mendukung rumah pintar yang berfokus pada atmosfir dalam rumah. Artinya secara otomatis, Ecobee akan mengatur suhu ruangan sesuai dengan berbagai faktor mulai dari musim maupun cuaca.

BACA JUGA:  Perangi AIDS Dengan Smartphone Anda

Dengan demikian, Anda akan merasa semakin nyaman di rumah. Apalagi kualitas udara di rumah sangat penting dijaga apalagi di tengah kondisi seperti banyak virus yang dapat menganggu kesehatan pemilik rumahnya.

6. MyQ Garage & Access Control

Selanjutnya ada MyQ Garage & Access Control yang seperti namanya akan mengatur garasi Anda dengan lebih mudah. Ya, untuk Anda yang tidak memiliki pembantu, membuka dan menutup pintu garasi bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan.

MyQ tidak hanya menjamin keamanan dari garasi Anda, namun juga secara otomatis membuka garasi saat Anda akan berangkat kerja dan ketika Anda sudah ada di depan rumah. Tidak perlu turun dari kendaraan, semuanya dikerjakan secara ajaib.

5. Danalock Bluetooch Z-Lock

Apabila MyQ berfokus pada pintu garasi, maka Danalock berfokus pada semua pintu di rumah Anda. Apabila Anda sering melihat film yang menampilkan setiap ruangan membutuhkan kunci akses untuk masuk, maka hal ini bisa Anda bawa pulang di kediaman Anda.

Bahkan secara pintar, aplikasi ini dapat mengenali tuan rumah sehingga Anda tidak perlu memasukkan password atau menggunakan sidik jari. Yang pasti, Anda tidak perlu kelupaan untuk membawa kunci rumah.

4. Apple Home

Dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi terbesar di dunia, Apple Home terus dikembangkan untuk membangun kesinambungan antar produk Apple. Produk Apple sendiri sudah dikenal saling mendukung satu sama lain dalam suatu ekosistem pintar bernama HomeKit.

Aplikasi rumah pintar dari Apple ini bahkan sudah menjadi fitur bawaan dari setiap produk Apple mulai dari iPhone, iPad, hingga MacBook. Tidak sedikit ahli yang menyatakan bahwa HomeKit dari Apple ini merupakan yang paling aman di sisi teknologi.

BACA JUGA:  8 Aplikasi Yang Diblokir Pemerintah Indonesia, No.4 Paling Aneh

3. Google Home

Sebagai raksasa internet, Google merambah berbagai layanan tidak hanya smartphone saja namun juga hingga rumah pintar. Uniknya, Google Home tidak hanya bisa digunakan di perangkat Android saja, namun juga iOS dan perangkat lain yang mendukung Google Home.

Aplikasi dan perangkat lain di nomor sebelumnya mulai dari Philips Hue, Honeywell Home, WeMo dan berbagai perangkat rumah pintar lainnya juga dapat dikendalikan oleh Google Home. Dijamin pintar deh.

2. SmartThings

Di posisi kedua ada SmartThings yang merupakan produk dari Samsung. Sudah bukan rahasia umum jika bisnis teknologi Samsung tidak hanya pada smartphone saja, namun juga hingga elektronik dan juga perangkat rumah tangga lainnya seperti mesin cuci hingga AC.

Kini Samsung tinggal menyatukan semuanya dalam kecerdasan buatan sehingga dapat mengatur berbagai perangkat elektronik pintar dalam satu genggaman saja. Dengan dukungan SmartThings, rumah akan terlihat seperti dikendalikan sihir dalam mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga.

1. Alexa

Di posisi puncak ada Alexa dari Amazon. Ya, sebagai penyedia produk elektronik terbesar di dunia, Amazon juga berusaha membangun rumah pintarnya dengan aplikasi rumah pintar berbasis kecerdasan buatan Alexa yang diatur dengan perangkat audio.

Alexa akan menjadi asisten rumah tangga yang bisa Anda perintah dengan suara seperti menyalakan lampu, memainkan musik dan juga bahkan juga bisa Anda minta untuk belanja di Amazon. Alexa juga didukung perangkat pintar lain seperti Philips Hue, WeMo, Lutron Caseta dan lainnya.
Itulah ke 10 aplikasi rumah pintar yang akan mempermudah kegiatan Anda di rumah. Sayangnya belum semua perangkat pintar yang mendukung rumah pintar tersebut ada di Indonesia. Namun semoga saja kita bisa mulai mencicipi kecerdasan buatan yang mengatur pekerjaan rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here