10 Aplikasi Untuk Desain Rumah, Yuk Bikin Rumah Impian

0
14

Kegunaan smartphone ternyata semakin meluas. Tidak hanya untuk kepentingan komunikasi dan fotografi saja, smartphone juga berkembang sebagai sarana investasi dan juga bahkan desain. Nah berikut ini ada 10 aplikasi untuk desain rumah kamu. Kira-kira bagaimana kegunaannya? Ini daftarnya.

10. Havenly

Aplikasi untuk desain rumah yang pertama adalah Havenly. Aplikasi untuk mendesain rumah ini sayangnya hanya tersedia di perangkat iOS saja. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis meskipun juga kamu harus terganggu dengan adanya iklan. 

Apabila kamu membeli aplikasi ini, kamu bisa mengobrol dengan desainer Havenly dan kamu akan mendapatkan saran desain. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan daftar belanja pilihan dengan untuk perabotan dan juga beberapa pilihan dekorasi.

9. Houzz

Di posisi ke sembilan ada Houzz, aplikasi ini merupakan aplikasi desain interior yang akan membantumu dalam mengatur perabotan dalam ruangan. Aplikasi Houzz dapat digunakan baik di perangkat Android maupun iOS secara gratis meski tetap harus menonton iklan di layar.

Kelebihan dari aplikasi Houzz adalah banyaknya referensi yang bisa kamu gunakan sebagai ide desain yang menginspirasi. Sayangnya, seringkali karena terlalu banyak ide sehingga kamu tidak fokus dengan idemu sendiri. 

8. Photo Measures

Selanjutnya ada Photo Measures, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk desain rumah dan interior berbayar khusus perangkat iOS dan iPadOS. Kamu bisa membelinya dengan harga $ 10,99 atau sekitar 100 ribu rupiah. 

Keunikan dari Photo Measures adalah kamu dapat secara langsung mengukur dari foto, selain itu, kamu juga bisa menyimpan dimensi ruang, menambahkan catatan. Aplikasi ini digunakan untuk mengukur rumah kamu untuk mengatur interior dan desain rumah namun tidak fokus pada desain.

7. Smartdraw

Selanjutnya ada Smartdraw, aplikasi ini bisa digunakan secara online karena berbasis web atau digunakan di perangkat Windows. Aplikasi untuk desain rumah ini bisa dicoba gratis dengan waktu dan fitur yang terbatas. Apabila ingin melanjutkannya, kamu harus membayar $ 9,95 per bulannya.

BACA JUGA:  8 Game Android Adaptasi Anime Terbaik, No.4 Lanjutan Pokemon GO

Smartdraw memungkinkan pengguna untuk membangun dan mengedit diagram, ditambah membuat diagram alur, bagan organisasi, peta pikiran, bagan proyek, dan visual bisnis lainnya. Kekurangannya adalah mungkin kamu akan kesulitan saat pertama kali mencobanya.

6. MyVirtualHome

Selanjutnya ada My Virtual Home yang merupakan aplikasi untuk desain rumah yang bisa digunakan di perangkat Windows. Aplikasi ini bisa dicoba layaknya Smartdraw dengan fitur dan waktu yang terbatas. 

Uniknya, MyVirtualHome adalah aplikasi desain rumah 3D yang terlihat sebagai video game ‘blok bangunan’ untuk membuat atau memodifikasi interior dan eksterior rumah. Tidak heran jika aplikasi ini sangat amah pengguna bahkan untuk kamu yang masih pemula dalam bidang desain interior. 

5. Magicplan

Di posisi kelima untuk aplikasi desain rumah ada Magicplan. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat baik Android maupun iOS dan bisa digunakna secara grati. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat denah berdimensi menggunakan kamera ponsel pintar dan GPS. 

Aplikasi ini akan mengukur ruangan melalui foto yang digabungkan, kemudian dibuat denah lantai 3D, dan bahan dihitung secara otomatis.  Denah lantai dapat disesuaikan, dan fitur praktis tambahan dapat ditambahkan seperti pipa ledeng, listrik, dll meski mungkin ukuranny tidak begitu detail.

4. Live Home 3D Pro

Di posisi ke empat ada Live Home 3D Pro. Aplikasi untuk desain rumah ini juga merupakan aplikasi desain interior yang bisa digunakan di banyak perangkat mulai dari iOS, macOS, dan juga Windows. Hanya saja kamu perlu membayar sejumlah $ 30,99 untuk menggunakan aplikasinya.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Live Home 3D Pro untuk membuat denah lantai 2D secara terperinci, rendering 3D, tampilan dalam opsi AR, menyesuaikan furnitur, melihat dimensi secara real time untuk denah 2D, 2.000+ furnitur dan model, dan membagikan hasil desain jadi kamu.

BACA JUGA:  8 Produk Google Yang Tidak Laku, No.1 Segera Dimatikan

3. Planner 5D

Selanjutnya ada Planner 5D yang juga merupakan rekomendasi terbaik aplikasi untuk desain rumah. Pasalnya aplikasi ini bisa digunakan di banyak perangkat mulai dari perangkat iOS, Mac, Android, Windows dan juga online karena berbasis web.

Planner 5D ini mudah digunakan, memungkinkan tampilan desain 2D dan 3D, serta mengganti permukaan, bahan, pengeditan item, memiliki katalog 4000+ item, dan juga memiliki komunitas dimana kamu dapat mengunggah dan mencari ide desain.

2. RoomScan Pro

Selanjutnya ada RoomScan Pro yang merupakan aplikasi khusus untuk perangkat iOS. Aplikasi RoomScan Pro ini merupakan aplikasi berbayar yang bisa kamu gunakan selama masa uji coba gratis. 

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat denah lantai cepat secara 2D maupun 3D, dan gambar manual. Aplikasi ini juga memiliki fitur seperti pemindaian augmented reality yang juga dapat memindai eksterior bangunan, pekarangan, dan taman dengan tambahan ExteriorScan & PlotScan.

1. SketchUp

Di posisi puncak ada SketchUp yang mana merupakan salah satu perangkat aplikasi untuk desain rumah yang ramah pengguna pemula. Aplikasi ini tersedia di banyak perangkat mulai dari iOS, macOS dan Windows.

Selain mudah dipelajari, aplikasi ini juga merupakan aplikasi nomor 1 untuk 3D AR / VR, render yang sangat baik serta kamu juga dapat menggambar desain dengan tangan dan harga aplikasinya relatif terjangkau.

Itulah ke 10 aplikasi untuk desain rumah yang bisa kamu manfaatkan. Meskipun kamu harus belajar untuk menggunakannya, namun setidaknya kamu tidak perlu menyewa desainer interior terlebih dahulu apalagi seorang arsitek bangunan. Yuk mulai mendesain rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here