8 Supercomputer Tercepat di Dunia, Secepat Apa Sih?

0
168

5. K

Meskipun memiliki nama yang singkat, supercomputer tercepat di dunia pada posisi ke 5 ini tidak boleh diremehkan kemampuannya. Berada di RIKEN Advanced Institute for Computational Science (AICS) Jepang, supercomputer ini dibangun oleh pabrikan teknologi terkemuka Fujitsu. K mampu melakukan perhitungan sebesar 11.2 Petaflops yang membutuhkan 12.659 KW untuk menjalankan 705.024 corenya. Lagi lagi, Sistem Operasi yang dijalankan adalah Linux OS.

6. Mira

Mira adalah supercomputer tercepat di dunia ke enam. Mira, secantik namanya, berada di Argonne National Laboratory yang diatur oleh the US Department of Energy atau Kementrian Energi Amerika Serikat. Mira dibangun oleh IBM yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses perhitungan hingga 10 petaflops. Mira juga memggunakan sistem operasi Linux.

BACA JUGA:  Kacamata Wajib Punya Untuk Para Gamer

7. Trinity

Di posisi ke tujuh supercomputer tercepat di dunia adalah Trinity. Trintiy berada di Los Alamos National Laboratory, di kita Los Alamos. Fasilitas supercomputer ini juga diawasi serta disupervisi oleh US Department of Energy. Trinity memiliki kemampuan 8 Petaflops yang masih bisa ditingkatkan ke 11 petaflops. Lagi-lagi, supercomputer tercepat di dunia ini menggunakan sistem operasi berbasis Linux yakni Cray Linux.

BACA JUGA:  Hacker Dapat Ambil Kendali Mobil Anda?

8. Piz Daint

Piz Daint menjadi supercomputer tercepat di dunia yang pertama di benua Eropa. Letak keberadaan supercomputer ini lebih tepatnya berada di Switzerland. Lebih tepatnya berada di Swiss National Supercomputing Centre (CSCS), di Lugano. Supercomputer pertama di Eropa ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses penghitungan hingga 6.2 hingga 7.7 peta flops. Untuk menjalankan fungsinya, Piz Dain membutuhkan tenaga sebesar 2325 KW. Supercomputer ini dibangun oleh Cray yang juga menjalankan sistem operasi Cray Linux.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here