6 Film Menginspirasi Pendidikan

0
177

Film terkadang menjadi media bagi beragam hal untuk tersampaikan. Mulai dari sebuah propaganda, iklan, hingga pesan moral seperti dalam dunia pendidikan. Berikut ini kami hadirkan 6 film menginspirasi pendidikan yang wajib anda tonton.

Stand and Deliver (1987)

Film menginspirasi pendidikan pertama. Film klasik yang menggambarkan pentingnya peran dari guru dalam masyarakat saat ini. Pesan yang bisa ditangkap adalah: bahwa seorang guru tidak akan pernah percaya bahwa siswa tidak bisa belajar.

Edward James Olmos, pada kisah nyata ini, berperan sebagai Jaime Escalante,  seorang guru yang  memiliki set view jauh lebih tinggi mengenai konsep pendidikan yang revolusioner, sampai usahanya mampu membuat muridnya  lulus pada ujian AP Calculus. Lihat saja filmnya untuk dapat melihat sisi menarik lainnya.

Dangerous Minds (1995)

Film menginspirasi pendidikan yang kedua. Film ini sendiri menceritakan tentang pengajaran Bahasa Inggris pada suatu sekolah di sebuah kota yang keras, Michelle Pfeiffer sebagai seorang guru bernama LouAnne Johnson, seorang guru bahasa Inggris yang bisa meraih simpati siswa-siswanya, yang bahkan sebelumnya dicap sebagai the “unteachable” students, melalui perhatian dan juga pemahaman yang mendalam.

Dangerous Minds tidaklah jatuh ke dalam sentimentalitas picisan, tetapi mengajarkan kita tentang pentingnya dalam membuat pilihan kita sendiri dan juga tidak membiarkan keadaan jadi raja yang terus menghantui masa depan. Kaitannya dengan bahasa inggris, Film ini banyak mengajarkan kepada kita bahwa mengajar bahasa bukan semata suatu pengajaran teknis, namun juga pengajaran rasa, karena bahasa merupakan suatu alat komunikasi antar manusia yang sangat indah dan tidak ada bandingannya.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY