5 Unsur Penting Pembentuk Sebuah Permainan

0
24
Crossing the finish line

Setiap orang di dunia ini pastinya pernah melakukan sebuah permainan, entah itu permainan tradisional ataupun permainan modern. Tahukah kawan, kalau di dalam sebuah permainan ada unsur-unsur penting yang membentuk permainan tersebut. Berikut adalah 5 unsur penting pembentuk sebuah permainan yang perlu anda tahu.

1. Tujuan

Crossing the finish line
Setiap permainan selalu hadir dengan tujuan-tujuan tertentu, ada yang dibuat untuk memperoleh keuntungan, ada yang untuk menyampaikan gagasan atau idealisme si pembuat, ada permainan untuk sarana belajar, ada pula yang bertujuan untuk mengisi waktu luang dan untuk tujuan-tujuan yang lain. Tujuan ini nantinya akan mempengaruhi sebuah permainan, baik peraturannya, cara bermainnya dan lain sebagainya. Dengan memahami tujuan sebuah permainan dibuat, kita pun akan lebih mudah untuk memahami permainan tersebut.

2. Peraturan

Peraturan
Kita memainkan sebuah permainan tentunya mengikuti peraturan yang ada di dalamnya. Peraturan ini mengatur hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan, hal yang harus dan tidak harus kita lakukan, dan hal-hal lainnya mengenai permainan tersebut. Dengan adanya peraturan, sebuah permainan dapat berjalan dengan lebih tertata, serta dapat memudahkan para pemain dalam memainkannya.

3. Tantangan

kesulitan game
Sebuah permainan selalu memiliki tantangan-tantangan tersendiri didalamnya. Tantangan-tantangan ini hadir dalam berbagai tingkat, mulai dari yang mudah, menengah, hingga yang sulit. Dengan adanya tantangan di dalam sebuah permainan, pemain akan lebih tertarik dan tergerak untuk memainkan sebuah permainan, tak jarang tantangan-tantangan ini mampu membuat pemain ketagihan untuk memainkan terus permainan tersebut.

4. Interaksi

Interaksi
Di dalam sebuah permainan selalu terdapat interaksi, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi adalah hal penting bagi setiap pemain, interaksi adalah penghubung antara pemain dan sebuah permainan. Dengan interaksi pemain dapat merasakan permainan tersebut, interaksi membuat pemain menyatu dengan permainannya.

5. Si Pembuat Permainan

pembuat game
Hal yang tak perlu dibantah lagi sebagai salah satu unsur penting pembentuk permainan adalah si pembuat permainan itu sendiri. Si pembuat permainan punya kendali atas apa-apa saja yang ingin dan tidak ingin ia masukkan dalam sebuah permainan. Bisa dikatakan si pembuat permainan adalah penguasa tertinggi di dalam pembentukan sebuah permainan.

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY