Sejarah Shinkansen, Kereta Cepat Jepang

0
881
Belum ada rating.

Kereta cepat (Shinkansen) pertama diresmikan di Jepang pada tahun 1964, tetapi merek Shinkansen sendiri sebenarnya telah ada beberapa saat lebih tua dari itu. Kata “shinkansen” 「新幹線」 (yang berarti “jalur gerbong baru”) digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1940, untuk sebuah proyek kereta berkecepatan tinggi yang dirancang untuk menghubungkan Tokyo menuju ke Shimonoseki.

Shinkansen lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai “kereta peluru”, yang dalam bahasa Jepangnya adalah dangan ressha, sebuah frase yang awalnya dimaksudkan untuk proyek cepat kereta Jepang pertama, pada tahun 1930-an silam. Bukan suatu hal yang mengherankan, nama itu tercipta karena bentuk membulat dari kereta Shinkansen pertama yang bernama 0 Series.

Loading...
BACA JUGA:  Perkenalkan Pepper, Robot Yang Bisa Berinteraksi Dengan Manusia

Untuk melihat sekilas sejarah Shinkansen yang kaya, sangat disarankan untuk mengunjungi SCMaglev and Railway Park di Nagoya. Museum tersebut menawarkan sangat banyak informasi dan menggelar berbagai pameran. Salah satu foto yang menakjubkan adalah seperti yang ada di bawah ini, barisan sempurna kereta Shinkansen 30 tahun pertama: 0 Series (dari tahun 1960-an dan 1970-an), 100 Series (pertengahan tahun 1980-an) dan 300 Series (tahun 1990-an).

 

Sumber: muza-chan.net

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here