12 Tahun Perjalanan Facebook

0
106

Tepat pada 4 Februari 2004, jejaring sosial ini meluncur pertama kalinya. Penasaran, seperti apa Faceboook dari waktu ke waktu? Di usia yang ke-12, Facebook memiliki banyak perubahan. Ibarat remaja yang beranjak dewasa, banyak yang telah dilakukannya. Mark Zuckerberg pertama kali merilisnya ketika bersekolah di Harvard University.

Waktu itu, namanya masih ‘Thefacebook‘. Fungsinya adalah online directory yang menghubungkan para mahasiswa Harvard lewat jejaring sosial. Para penggunanya dapat terhubung dengan mahasiswa kampus yang lain. Waktu itu, untuk dapat mendaftar akun, mereka harus memakai alamat email kampus yang domain ‘.edu’.  Akhir 2004, diperkenalkan ‘Wall’.

Di Wall ini pengguna dapat menulis pesan ke teman dan hanya dapat dilihat dengan mengklik profil pengguna secara spesifik.  Fiturnya terus berkembang dan akhirnya Thefacebook popular dalam mahasiswa Amerika Serikat. Jumlah penggunanya hingga mencapai satu juta pengguna di 30 Desember 2004.  Situs ini akhirnya menerima anak sekolahan, karyawan perusahaan mulai dari Apple dan Microsoft dan universitas dari Negara lain.

Meski warnanya dari dulu tetap putih biru, halamannya terus dikembangkan dan fiturnya terus diperbarui. Thefacebook mulai menyaingi MySpace dan juga Friendster yang populer waktu itu.  Di tahun 2005, namanya diubah menjadi ‘Facebook’. Sejak itu, banyak orang tertarik memakainya. Zuckerberg sudah mengantipasi kalau anggotanya dapat membludak lagi.

Namun Zuckerberg tidak pernah menyangka jika situs buatannya akan meraksasa. 12 tahun kemudian, Facebook menjadi jejaring sosial yang kita kenal dan dipakai lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.  Untuk mencapainya, aplikasi Facebook baik di web ataupun mobile, sudah banyak perbaikan dengan pro dan kontra di setiap perubahan yang dibuatnya. Selamat ulang tahun Facebook!

Loading...
loading...
SHARE
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY