8 Tips Membeli Smartphone Bekas

0
13
5/5 (1)

Tidak ada salahnya membeli smartphone bekas. Selain karena harganya yang lebih murah, smartphone bekas juga bisa mengurangi jumlah sampah elektronik karena kita tidak selalu membeli yang baru dan membuang yang lama. Nah dalam membeli smartphone bekas tentunya ada tips tersendiri yang perlu diperhatikan karena sudah pasti kondisi barang berbeda dengan barang yang masih baru. Nah berikut ini ada beberapa tips membeli smartphone bekas yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak rugi.

1. Harga

Hal ini sudah pasti menjadi salah satu pertimbangan untuk membeli smartphone bekas karena harganya sudah pasti lebih murah. Tips membeli smartphone bekas untuk urusan harga adalah belilah yang sesuai dengan kondisi dari perangkat tersebut. Bukan berarti karna produk tersebut adalah secondhand atau bekas lalu harganya harus selalu jauh dibawah harga asli. Beberapa produk ada yang dijual karena hanya tidak cocok saja sehingga produk tersebut dijual meski hanya beberapa hari atau bulan pemakaian. Sudah pasti masih ada garansi yang mengikat dan itu salah satu nilai plus untuk harganya.

2. Kekurangan

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa barang secondhand atau bekas cenderung murah. Namun kamu juga perlu mencari tahu alasan mengapa penjual menjualnya murah selain mencari tahu mengapa penjual masih menjual barangnya dengan harga tinggi. Nah hal ini kerap berhubungan dengan kekurangan entah kekurangan dalam paket penjualan atau ada kekurangan seperti akun terkunci dan sebagainya. Selalu cek produk menjadi tips mwmbeli smartphone bekas.

3. Kondisi Fisik

Kondisi fisik harus selalu di cek secara seksama. Itulah salah satu tips membeli smartphone yang ketiga. Pasti ada alasan mengapa harga yang dijual jauh lebih murah daripada harga jual second yang lainnya apabila penjual menawarkan harga murah. Akan lebih baik jika selain menanyakannya kamu juga mengeceknya sehingga harga bisa dipertimbangkan lebih lanjut. Lalu apakah boleh membeli barang dengan kondisi fisik yang kurang baik? Kalau hanya masalah tampilan luar seperti karena tergores mungkin tidak bermasalah. Namun jika barang sampai memiliki perubahan fisik seperti penyok, maka bisa dipastikan barang itu pernah jatuh dan mungkin berpengaruh pada hardware lainnya.

BACA JUGA  Tips Memilih Game PC Ringan Yang Seru

4. Tahun Produksi

Hal ini mungkin tidak pernah terpikir oleh orang yang akan membeli smartphone bekas. Namun tahun produksi smartphone juga menjadi salah satu tips membeli smartphone bekas yang cukup penting. Semakin tua usia smartphone maka semakin berkurang pula daya tahannya meskipun itu merupakan merk bagus sekalipun. Belum lagi ditambah perangkat lunak didalamnya yang pasti sudah kadaluarsa.

Please rate this

Loading...
1
2
SHARE
Kabuto
Movie and music are my live, and I won't take it for granted

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here