Add-on Chrome Untuk Edit Teks Dalam Gambar

0
59

Sebuah ekstensi baru untuk browser Chrome yang disebut Project Naptha memungkinkan pengguna untuk mengedit, menghapus, menyalin dan menerjemahkan teks dalam gambar apapun di internet. Seperti yang Anda bayangkan, hasilnya mungkin tidak benar-benar sempurna, tetapi ekstensi itu tampaknya bekerja cukup baik.

Dikembangkan oleh Kevin Kwok, Naptha memanfaatkan sejumlah algoritma pengenalan karakter optik canggih (optical character recognition/OCR) untuk menganalisis teks gambar dan membuatnya dapat diedit. Memanfaatkan data baik dari Microsoft maupun Google, ekstensi itu cepat membangun model area teks dari hampir setiap gambar, tetapi memang masih ada beberapa keterbatasan. Sebagai contoh, Kwok mengatakan ia berharap untuk menyertakan dukungan untuk teks vertikal di masa depan.

Untuk saat ini, ekstensi itu akan memungkinkan pengguna untuk mendekatkan kursor pada area teks dari sebuah gambar dan dengan cepat menyorotinya seolah-olah gambar itu adalah semacam proyek dokumen word atau perangkat lunak foto/video, yang kemudian membuka sejumlah kemungkinan pengeditan lebih lanjut. Mampu menyalin teks dari gambar dapat sangat membantu baik itu dari screenshot dan semacamnya, dokumen yang dipindai, atau informasi dari foto yang diambil dengan terburu-buru. Anda juga akan menemukan fungsi terjemahan dalam Naptha dengan menyorot dan mengklik kanan teks dalam gambar, sekali lagi meniadakan kebutuhan untuk menyalin dan meng-Google istilah itu secara manual seperti biasa.

 project-naptha-extension

Fitur yang paling kuat yang tersedia pada saat ini tampaknya inpainting (menggambar secara langsung), yang merupakan fitur yang sangat mirip dengan opsi Content-Aware Fill milik Photoshop. Naptha dapat menganalisis area teks yang dipilih dan konten dalam gambar di sekitarnya, dan kemudian mengisi area teks dengan warna-warna sekitar. Walau kita telah melihat hampir semua fitur itu sebelumnya, terasa menyenangkan melihat mereka muncul dalam bentuk sebuah add-on browser yang ringan, bukannya tersembunyi dalam aplikasi profesional di mana pengguna kasual Photoshop kemungkinan besar tidak akan memanfaatkannya.

Seiring dengan fitur tambahan yang akan hadir, Kwok mengatakan untuk mengharapkan versi Naptha untuk hadir ke browser lain seperti Firefox. Anda dapat mencobanya untuk diri sendiri saat ini melalui Chrome Web Store atau situs resmi ekstensi tersebut.

 

Sumber: techspot.com

Loading...
loading...
SHARE

LEAVE A REPLY