Google Beri Penghormatan Pada Pelopor Pemrograman Grace Hopper

0
60
Belum ada rating.

Google pada hari Senin kemarin merayakan ulang tahun seorang legenda pemrograman komputer bernama Grace Hopper dengan sebuah Google Doodle. Kontribusi Hopper pada dunia pemrograman sangat banyak tetapi ia paling dikenal karena membantu turut menciptakan Common Business Oriented Language (COBOL).

Dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan Grand Lady of Software, Amazing Grace dan bahkan Grandma COBOL, Hopper memulai karirnya sebagai seorang profesor matematika sebelum bergabung dengan Amerika Serikat Naval Reserve pada tahun 1943. Selama bertugas, ia menjadi programmer pertama komputer Mark I milik Angkatan Laut.

Setelah menyelesaikan tugas aktifnya, ia bergabung dengan fakultas Harvard dan mengerjakan Mark II dan Mark III. Dari sana , ia melanjutkan untuk merancang komputer berskala besar pertama yang dikenal dengan nama UNIVAC I yang mungkin pernah Anda baca di buku teks dan sejenisnya.

Tetapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, prestasi terbesar Hopper adalah COBOL. Bahasa pemrograman ini memungkinkan bagi komputer untuk merespon pada kata-kata bukannya angka yang dapat Anda bayangkan, merupakan suatu pencapaian yang sangat besar pada saat itu.

Menariknya lagi, Hopper juga dihubungkan dengan istilah “bug komputer”. Selama mengerjakan Mark II, ia menemukan seekor ngengat menempel dalam perangkat keras di dalam mesin besar yang menyebabkan gangguan. Ngengat tersebut dilepaskan dan mesin itu bekerja kembali, dan sejak saat itu, orang-orang merujuk ke masalah pada komputer sebagai sebuah bug.

Doodle itu memperlihatkan Hopper samping sebuah komputer mainframe besar yang ternyata mengeja tulisan Google. Hopper meninggal dunia pada tahun 1992 dan akan berusia 107 tahun hari Senin kemarin.

 

Sumber: techspot.com

Kamu Suka Artikel Ini? Silahkan Berikan Rating

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here