Inggris Akan Resmi Luncurkan Pod Tanpa Supir

0
101
No ratings yet.

Mobil tanpa supir di jalan umum akan segera menjadi kenyataan di Milton Keynes, Inggris. Kota tersebut, yang terletak di utara London, tengah  mempersiapkan untuk menggantikan bus tua dan berisik mereka dengan armada pod transportasi PRT (Personal Rapid Transit) 100 ULTra. Tiap pod memiliki kapasitas untuk membawa 2 penumpang beserta barang bawaan mereka dan bergerak pada kecepatan 12 mil per jam. Sesuai rencana awal, pod akan mengangkut penumpang antara daerah pusat kota, stasiun kereta api dan distrik bisnis. Penumpang akan dikenakan biaya sebesar 2 pound sterling dan dan pejalan kaki harus menggunakan sebuah aplikasi smartphone untuk memanggil pod.

Pod tersebut digerakkan dengan komputer tetapi dapat dikendalikan oleh penumpang jika terdapat masalah. Sebuah sistem yang serupa telah ditempatkan di bandara Heathrow di London dan digunakan untuk mengangkut penumpang dari terminal ke terminal. Sistem tersebut telah beroperasi sejak tahun 2011 dan sejauh ini tidak pernah terjadi insiden besar.

Loading...

Dengan perkiran anggaran 65 juta pound sterling, proyek percontohan ini akan membutuhkan pembuatan jalan khusus dan stasiun pengisian energi untuk pod. Jalan khusus akan mencakup bumper keamanan untuk memisahkan pod dari lalu lintas reguler dan stasiun pengisian akan ditempatkan di rute jalan tersebut. Rencana saat ini adalah menjalankan sistem tersebut pada tahun 2015 dan beroperasi penuh pada tahun 2017 mendatang.

Jika semuanya berjalan dengan baik dan proyek itu berhasil, idenya adalah bahwa pod itu tidak lagi berjalan di jalur terbatas, dan akan membuka jalan bagi sistem transportasi umum dan kendaraan pribadi yang tidak lagi membutuhkan pengendara.

http://www.youtube.com/watch?v=C7OxvLuK83g

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here