Microsoft Umumkan DirectX 12

0
96
No ratings yet.

DirectX 12, versi berikutnya dari antarmuka pemrograman game/grafis milik Microsoft, telah diungkap pada hari Kamis selama gelaran tahunan Game Developers Conference. Tidak seperti pernyataan sebelumnya yang diulang-ulang bahwa membutuhkan sebuah perangkat keras baru, DX12 akan bekerja pada komputer, smartphone dan bahkan Xbox One yang ada.

AMD, Intel, Nvidia dan Qualcomm – empat produsen chip terbesar di dunia – telah maju dan mengatakan bahwa API baru akan berjalan pada kumpulan chip saat ini milik mereka. Yang belum kita tahu adalah apakah DX12 akan berjalan pada Windows 7. Jika tidak, hal itu dapat mendorong lebih banyak orang untuk meng-upgrade ke Windows 8 atau mungkin bahkan ke OS utama Microsoft berikutnya tergantung kapan saat itu tiba.

API baru itu tidak diragukan lagi akan memberikan peningkatan kinerja, tetapi seberapa besar peningkatan yang dihasilkan itu adalah suatu hal lain yang juga masih belum diketahui. Seperti yang diingat oleh The Verge, Microsoft menunjukkan pada mereka yang hadir bagaimana API itu dapat memotong waktu yang dihabiskan oleh sebuah inti CPU tunggal pada suatu tugas menjadi setengahnya hanya dengan cara meng-offload tugas itu ke GPU.

Terlebih lagi, perusahaan yang berbasis di Redmond itu juga mengklaim dapat mengurangi konsumsi daya GPU yang ditemukan di smartphone – sebuah langkah yang akan menghasilkan peningkatan daya tahan baterai dan perangkat lainnya yang tidak terlalu panas.

Namun berbicara dengan Anuj Gosalia dari Microsoft mengenai pengumuman tersebut, dari publikasi itu diketahui bahwa DX12 mungkin tidak memiliki dampak besar pada judul-judul Xbox One. Sistem itu, bersama dengan PlayStation 4, memiliki kesulitan untuk menjalankan game-game utama pada resolusi maksimal dan DX12 tidak akan dapat terlalu meningkatkannya ataupun menawarkan efek grafis baru apapun.

Microsoft mengatakan sebuah preview akan tersedia akhir tahun ini meskipun game berbasis DX12 pertama tidak akan hadir sampai pada musim liburan 2015 mendatang.

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here