“Otot Robot” yang 1000 Kali Lebih Kuat dari Manusia

0
240
No ratings yet.

Kekuatan luar biasa telah sejak lama menjadi sesuatu yang sepertinya wajib dimiliki oleh kebanyakan robot tetapi kini, para peneliti di UC Berkeley tengah bekerja keras untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Mereka telah menciptakan apa yang dikenal sebagai otot buatan yang dapat satu hari memberikan robot 1000 kali kekuatan manusia.

Otot robot ini menggunakan sifat-sifat khusus dari sebuah bahan yang dikenal sebagai vanadium dioksida yang merupakan senyawa yang dapat berubah dari sebuah insulator menjadi sebuah logam konduktif pada suhu 67C. Efek samping dari perubahan tersebut, mereka mengatakan, adalah kekuatan yang luar biasa – cukup untuk memindahkan benda-benda yang yang memiliki berat 50 kali lebih berat dari otot robot. Terlebih lagi, mereka dapat memindahkan benda hingga lima kali lebih jauh – semua itu dalam sekejap mata saja.

Dalam uji laboratorium, otot-otot ini mampu bertahan menghadapi kontraksi berulang (hingga satu juta kali) bahkan ketika kecepatan gerakan dipacu hingga 200.000 RPM.Para ilmuwan percaya bahwa terobosan ini dapat menyebabkan robot-robot di masa mendatang lebih kuat sementara teknologi itu sendiri mungkin berguna dalam menciptakan berbagai perangkat elektronik yang lebih efisien.

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here