Phonebloks: Ponsel yang Disusun Gunakan Block

0
62
No ratings yet.

Smartphone adalah perangkat yang menakjubkan pada begitu banyak tingkatan tetapi siklus hidup efektif mereka meninggalkan begitu banyak hal yang diinginkan. Maksudnya, suatu jenis smartphone terlihat sangat keren saat pertama diluncurkan namun setelah enam bulan atau satu tahun saat model baru tersedia, banyak orang yang siap untuk menukarnya dengan yang terbaru dan terbaik. Untuk apa, prosesor yang sedikit lebih cepat atau memori yang lebih besar?

Bagaimana dengan berbagai komponen lainnya dalam smartphone yang kini Anda miliki yang masih sangat baik dan terkini? Sayangnya Anda akan membeli kembali sebagian besar komponen tersebut pada ponsel baru yang Anda beli sementara handset lama Anda dijual kembali atau bahkan dibuang ke tempat sampah. Tapi apakah kejadiannya harus benar-benar seperti itu?

Loading...

Desainer Dave Hakkens dari Belanda tidak percaya akan hal itu dan karenanya ia muncul dengan sebuah konsep ponsel bernama Phonebloks. Digambarkan sebagai sebuah ponsel yang layak disimpan, perangkat yang ia ciptakan tersebut menggunakan serangkaian komponen modular yang ditancapkan pada sebuah basis, atau semacam sebuah motherboard. Tiap komponen dari ponsel tersebut adalah sebuah blok yang dapat ditambahkan, dipindahkan atau dihilangkan sepenuhnya.

Tidak butuh Bluetooth atau mungkin Anda menyimpan semua data Anda di cloud? Lepaskan blok storage dan sebagai gantinya tambahkan blok baterai yang lebih besar. Senang memotret menggunakan ponsel Anda? Tambahkan blok kamera yang lebih besar untuk kualitas gambar yang lebih baik. Atau jika Anda ingin tetap sederhana, singkirkan saja kamera, Bluetooth dan lain sebagainya dan pilihlah blok prosesor dan baterai yang lebih besar.

Ponsel ini dibangun pada sebuah platform terbuka namun unutk memulai proyek tersebut, Hakkens perlu melibatkan orang yang tepat dan perusahaan yang tepat. Itulah sebabnya ia menggunakan Thunderclap, platform bersumber masyarakat yang mengandalkan jangkauan media sosial para pengguna dan bukannya dolar yang disumbangkan untuk membantu menyebarkan berita tentang sebuah proyek tertentu. Jika goal dari proyek tersebut tercapai, Thunderclap akan menyuarakan sebuah pesan dalam jangka waktu tertentu dari semua dukungan sekaligus dalam upaya untuk menciptakan sebuah gelombang perhatian.

BACA JUGA  Smartphone Akibatkan Penglihatan Memburuk?

Jadi, apakah Anda tertarik dengan sebuah kebaruan yang ditawarkan dalam konsep ponsel ini?

http://www.youtube.com/watch?v=oDAw7vW7H0c

 

Sumber: techspot.com

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here