Tips Menonton TV Streaming Tanpa Buffer

0
318
tv streaming tv online tv internet tv musik
Sumber gambar: nowtv.com

Apakah sobat pernah ketinggalan menonton acara televisi kesayangan sobat? Apalagi acara tersebut adalah acara yang sangat ditunggu-tunggu. Pastinya sangat disayangkan jika sampai terlewat dan tidak bisa menontonnya. Nah, tv streaming adalah jawabannya.

Dengan adanya tv streaming akan sangat memudahkan kita untuk bisa menonton tv, sekalipun ketika kita berada di luar rumah. Tv streaming menjadikan kita bisa menonton siaran televisi dimana saja dan kapan saja.

Untuk menonton tv streaming tentunya kita memerlukan gadget, seperti laptop ataupun mobile device (smartphone atau tablet), dan tentu saja jaringan internet yang memadai, baik dari segi kecepatan dan juga kuota bandwidth, agar bisa menonton siaran tv streaming dengan lancar. Namun gangguan dari tv streaming sering kali tidak bisa dihindari seperti misalnya saja buffering. Bayangkan ketika sobat menonton siaran piala dunia, lalu pada saat-saat penting seperti penalti misalnya, tv streaming Anda tiba-tiba siarannya freeze karena buffering (loading), pasti sobat akan kesal bukan?

Agar hal ini tidak terjadi, berikut beberapa tips agar sobat bisa menonton tv streaming tanpa buffering:

Pilih Web Tanpa Banyak Iklan

Tips pertama dalam menonton tv streaming tanpa buffer adalah dengan memilih web penyedia tv streaming yang tidak memiiliki banyak iklan. Ada baiknya sobat memilih web tv streaming yang resmi (jika menonton siaran streming dari salah satu tv swasta, pilihlah menonton dari web resmi tv swasta tersebut), sehingga iklan semacam itu tidak akan mengganggu pada saat sedang menonton tv streaming.

Karena terkadang iklan tidak hanya akan mengganggu pandangan Anda, seperti iklan yang memenuhi/menutup layar gadget sedang menonton, namun juga sering kali saat iklan tersebut dihilangkan malah membuat siaran tv streaming yang sedang Anda nikmati menjadi macet, bahkan berhenti sama sekali. Atau yang lebih parah, men-direct halaman web tv streaming ke halaman web milik pengiklan. Sehingga sobat harus merefresh halaman tersebut kembali, dan ini sangat membuang waktu dan juga menguras kuota.

 

Pilih Web Tanpa Ruang Chat

Sering kali dalam web tv streaming disediakan ruang chatting untuk para penonton saling berinteraksi, namun jika sobat ingin menonton dengan tenang maka ruang chatting (yang biasanya berada di samping atau sudut bawah layar) ini, justru malah membuat berat koneksi internet Anda dan akhirnya siaran yang sedang berlangsung menjadi buffering. Terutama ketika banyak sekali user yang melakukan chat secara bersamaan.

Hal ini bisa terjadi, karena dalam ruang chat itu tidak hanya obrolan yang bisa dilakukan namun penonton juga bisa saling mengirim emoticon, yang tanpa sobat lihat pun juga akan tetap memakan koneksi internet, sehingga koneksi untuk menonton tv streaming akhirnya terganggu, dan mengakibatkan siaran tv menjadi buffering.

 

Pilih Web Yang Memiliki Waktu Load Web Yang Cepat

Ada baiknya sobat juga memilih web yang dalam melakukan loading halamannya tidak membutuhkan waktu yang lama, karena biasanya siaran tv streaming akan dimulai setelah loading halaman selesai. Bayangkan ketika loading halaman tidak selesai-selesai, maka siaran streaming pun tidak akan dimulai (selalu buffering).

 

Pilih Web Yang Memiliki Server Streaming Yang Cepat

Tips terakhir adalah pilihlah web tv streaming yang memiliki server streaming yang cepat. Karena ketika server streamingnya lambat, maka siaran yang dikirim dari server streaming tersebut akan memakan waktu lama untuk bisa sampai ke penonton. Pada akhirnya akan menyebabkan siaran patah-patah (berhenti tiap beberapa saat/detik), atau yang lebih parah lagi siaran tidak muncul (buffering tanpa henti).

Darimana kita bisa tahu web tv streaming yang kita pilih memiliki server streaming yang cepat? Coba saja sobat buka halaman web tv streaming tersebut, jika siaran langsung berjalan dengan baik dalam waktu 3-5 detik, itu tandanya web tersebut memiliki server streaming yang cepat. Dan biasanya selama menonton, sobat tidak akan menemukan buffering di dalam siarannya.

Dari semua tips diatas, sobat sudah bisa memahami bagaimana memilih web streaming tanpa buffering. So, happy streaming 🙂

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY