Selamat Ulang Tahun Ke-20 PlayStation

0
64

Bagi para gamers di penjuru dunia, tanggal 3 Desember adalah tanggal yang penting, karena di tanggal inilah Sony meluncurkan PlayStation pertama kali.

Tepatnya 20 tahun lalu, yaitu 3 Desember 1994 di Jepang. Bahkan hashtag #20YearsOfPlay saat ini menjadi trending topic, dimana semua gamers mengekspresikan kenangan manisnya bersama konsol ini.

Hal yang menarik, PlayStation dimulai bukan sebagai konsol yang berdiri sendiri, melainkan sebagai CD add-on untuk Super Famicom (di Amerika disebut Super Nintendo Entertainment System atau SNES). Setelah beberapa tahun Sony dan Nintendo bekerja sama, tiba-tiba terjadi perselisihan mengenai kontrak antar keduanya, hingga akhirnya Nintendo meninggalkan Sony. Dan Sony pun memutuskan untuk berjalan sendiri.

sony_playstation_logo_by_chibiprof-d2p8lfo

PlayStation sendiri tidak diluncurkan di Amerika sampai September 1995, karena akan berhadapan langsung dengan SNES. Ketika akhirnya PlayStation diluncurkan, konsol ini harus berhadapan dengan Sega Saturn, dan kemudian dengan N64, konsol terakhir Nintendo yang menggunakan cartridge.

Dan PlayStation mampu membuktikan dirinya sebagai konsol paling digemari. Sekitar 102 juta unit yang berhasil terjual sepanjang hidupnya (termasuk PSone yang merupakan desain ulang dari PlayStation). Angka ini mengalahkan N64 dengan perbandingan 3:1, dan Saturn dengan perbandingan 10:1.

Saat ini PlayStation masih menjadi konsol paling laku kedua sepanjang masa, dibawah PlayStation 2, dan peringkat keempat sebagai hardware game paling laku yang pernah dirilis, dibawah PlayStation 2, Nintendo DS, dan Game Boy.

Bagaimana dengan kamu, punya kenangan dengan PlayStation?  🙂

 

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY