10 Alat Musik Unik Yang Pernah Diciptakan

0
287

Alat musik diciptakan untuk menemani kegemaran manusia akan musik. Baik alat musik tradisional maupun alat musik modern. Beberapa alat musik tersebut juga ada yang dikategorikan aneh baik dari bentuknya maupun cara memainkannya. Berikut ini adalah 10 alat musik unik yang pernah diciptakan oleh manusia.

1. Wintergatan Marble Machine

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-1Wintergatan Marble machine adalah sebuah alat musik putar yang menggunakan 2000 kelereng sebagai salah satu instrumennya. Alat musik unik namun jenius ini diciptakan oleh seorang musisi asal Swedia, Martin Molin yang merupakan salah satu anggota band WIntergatan. Sebagai sebuah alat musik, mesin kelereng ni memilki bagian seperti vibraphone, bass, kick drum, simbal, dan bagian lainnya yang menjadi sebuah kesatuan. Mesin penggerak dari mesin ini ada disebelah kanan yakni dengan cara diputar yang kemudian akan menggerakkan roda roda gerigi yang membawa kelereng yang nantinya akan berperan untuk memainkan setiap bagiannya.

2. Octobass

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-2Octobass adalah sebuah alat musik raksasa yang berbentuk seperti Biola hanya saja lebih besar. Alat musik unik ini diciptakan oleh seorang musisi ahli musik petik Jean-Baptiste Vuillaume pada tahun 1850. Tujuan Vuillaume menciptakan alat musik ini adalah untuk melengkapi alat musik orchestra yang membutuhkan suara dengan nada rendah. Sedangkan alasan kenapa alat musik ini disbut raksaa karena tingginya saja mencapai 3,48 meter dan untuk memainkannya disediakan sebuah poduium disampingnya. Alat musik unik dengan 3 buah senar ini memerlukan sebuah alat bantu untuk menahan senar dalam membentuk nada tertentu karena tidak bisa digunakan dengan tangan orang dewasa sekalipun.

3. Badgermin

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-3Badgermin adalah salah satu alat musik unik elektronik yang sebenarnya merupakan kombinasi antara Theremin dan seekor Badger Madu (Badger adalah hewan sejenis Tupai). Theremin sendiri adalah alat musik elektronik yang cara memainkannya tidak disentuh. Sedangkan untuk siapa pencipta awal Badgermin, belum diketauhi siapa yang memiliki ide demikian. namun pastinya Badgermin adalah sebuah alat musik legal yang dijual bebas.

4. Theremin

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-4Jika kamu sudah melihat seperti apa bentuk Badgermin, maka untuk alat musik selanjutnya ada Theremin yang merupakan bahan kombinasi Badgermin. Terdapat dua buah antena pada Theremin yang memiliki dua fungsi yakni antenna yang berdiri ke arah atas adalah untuk mengatur nada sedangkan antenna melingkar dibagian bawahnya berfungsi untuk mengatur volume. Kita hanya perlu untuk menggerakkan kedua tangan kita disekitar antenna tersebut.

5. Sharpsichord

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-5Sharpsichord adalah sebuah alat musik layaknya kotak musik yang terdapat sebuah silinder yag akan memutar musik. Namun disini ukurannya lebih besar dan terdapat pengeras suara yang akan mengeraskan hasil dari 11 silinder didalamnya. Sharpsichord ini diciptakan oleh salah seorang musisi bernama Henry Dagg yang diberi julukan “Sound Sculptor.” Alat musik unik ini memang terlihat keren, sayangnya karena terbuat dari besi maka susah dipindahkan ke tempat lain.

6. Sea Organ

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-6Jika tadi di nomor 5 ada alat musik unik yang tidak bisa dipindah maka alat musik yang satu ini memang tidak bisa dipindah karena memang disitulah tempatnya. Adalah Sea Organ, nama alat musik itu. Mengapa disebut Sea Organ karena memang letaknya yang ada dipinggir laut. Selain itu, yang membuat alat musik ini unik adalah pemain dari alat musik itu sendiri yang bukan manusia melainkan alam. Ombak ombak disisi pantai akan memenuhi rongga rongga. Ngomong ngomong lokasi dari alat musik alam ini ada di Zadar, sebuah pantai di Kroasia. Alat musik ini memang dibuat untuk menarik perhatian para turis agar berkunjung ke pantai tersebut.

7. Singing Ringing Tree

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-7Selain Sea Organ, masih ada satu lagi alat musik unik yang dimainkan oleh alam yakni berjuluk Singing Ringing Tree. Berbeda dengan Sea Organ yang dimainkan oleh ombak, Singing Ringing Tree ini adalah sebuah monumen besar yang tersusun dari beberapa pipa yang menjadi instrumennya. Monument ini terlihat seperti sebuah pohon dari kejauhan dan ketika angina berhembus akan menimbulkan suara suara yang berbeda beda. Meskipun terdengar unik, namun banyak yang bilang juga kalau suaranya sedikit memilukan atau menakutkan untuk didengarkan. Singing Ringing Tree berada di Inggris, tepatnya berada di Lancashire yang selesai dibangun 6 tahun yang lalu.

8. Cheese Drums

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-8Selain alat musik unik dalam hal memainkannya maupun ukurannya, ada juga yang unik dari bahan pembuatannya yakni dari makanan. Lalu apa bahan yang digunakan sebagai bahan alat musik itu? Bahannya adalah keju yang dijadikan sebagai drum. Drum keju ini menggunakan jenis keju Pataflafla yang memiliki tekstur keras dan memiliki bunyi ketika dipukul dengan stik drum. Mungkin alat musik ini merupakan ide dari teknik memukul drum cheeselet, cheese accent, cherta atau cheese flam accent.

9. Hang Drum

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-9Alat musik unik selanjutnya adalah hang drum atau bisa dibilang drum gantung. Meskipun disebut drum, nyatanya bentuknya menyerupai bonang atau alat musik pukul tradisional gamelan. Hanya saja ukuran dari hang drum ini lebih besar dan juga bentuknya menyerupai piring terbang. Cara menggunakan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan jari atau telapak tangan sehingga menghasilkan suara yang merdu.

10. Pyrophone Organ

Alat-Musik-Unik-Yang-Pernah-Diciptakan-10Pyrophone organ adalah salah satu alat musik unik selanjutnya. Yang membuat alat musik ini unik adalah instrumennya yang menggunakan api sebagai salah satu bagian dari bunyi. Jika dilihat dari namanya, Pyrophone merupakan gabungan dari pyro yang berarti api dan phone yang berarti suara. Sedangkan organ adalah alat musik yang mengandalkan hembusan yang untuk pyrophone dihasilkan dari api. Meskipun demikian alat ini dijamin aman dan tidak akan melukai musisinya. Untuk memainkan alat musik ini sudah pasti tentunya membutuhkan bahan bakar seperti bensin. Ada-ada saja ya.

Terima kasih sudah berkunjung ke KitaTV.com dan membaca artikel 10 Alat Musik Unik Yang Pernah Diciptakan. Semoga kamu suka 🙂

loading...
Loading...
SHARE
Kabuto
Movie and music are my live, and I won't take it for granted

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here