8 Musisi Dengan Jumlah Album Terbanyak, Kreatifitas Tanpa Batas

0
348

Musisi tentu bekerja dengan menelurkan karya mereka berupa single, album atau juga kompilasi album mereka. Ada yang mengeluarkan setidaknya satu single setiap tahunnya, ada juga yang malah hanya pernah mengeluarkan satu album lalu kemudian hiatus dalam jangka waktu lama. Berikut ini ada 8 musisi dengan jumlah album terbanyak yang pernah ada. Tebak berapa paling banyak?

uniknya lagi untuk beberapa musisi dibawah ini ada yang merilis albumnya bahkan setelah kematian mereka. Beberapa karena ada yang belum dirilis namun juga ada yang merupakan album kompilasinya. Karena nama mereka, albumnya tersebut juga tergolong laris di pasaran.

8. The Fall – 100 Album

Di posisi ke tujuh ada band The Fall yang beranggotakan Mark E. Smith dan kawan-kawan. Selama karirnya mereka setidaknya telah merilis 100 album secara total, termasuk 30 album studio, 30 album live, 35 kompilasi dan 5 album half studio/half live. Ini adalah tingkat konsistensi yang luar biasa mengingat line-up band berubah kira-kira setiap 5 menit. Benar benar musisi yang sangat berkualitas dalam menjaga konsistensinya.

7. Frank Zappa – 119 Album

Frank Zappa yang legendaris dan aneh telah merilis 119 album, dengan 100 album studio, 13 kompilasi, dan 6 opera rock dan bajakan. Uniknya, 38 dari album tersebut dirilis setelah kematiannya pada tahun 1993, dengan yang lain, Dance Me This, dirilis di bulan selanjutnya setelah kematiannya. Tentu saja ini bukanlah semacam aji mumpung, namun karena kreatifitas dari musisinya yang tidak akan meninggalkan lagunya terbuang sia-sia.

6. Willie Nelson – 144 Album

Di posisi ke enam musisi dengan jumlah album terbanyak adalah Willie Nelson. Setidaknya sepanjang karirnya, Willie telah menelurkan sebanyak 144 album. Diskografi Nelson meliputi 95 album studio (terdiri dari 70 album studio solo dan 25 album studio kolaboratif), 13 album live, 51 album kompilasi dan 41 album video serta soundtrack The Electric Horseman dan Honeysuckle Rose.

BACA JUGA:  10 Musisi Metal Keturunan Meksiko-Amerika Yang Melegenda

5. Johny Cash – 167 album

Di posisi ke lima ada Johny Cash. Hingga saat ini, pria yang dijuluki sebagai Man in Black telah merilis 167 album, meskipun 104 dari album tersebut adalah kompilasi namun ini pulabyang menjadikannya sebagai juara kelas berat kompilasi resmi dunia di sisi kompilasi. Dalam karirnya, Cash juga berhasil menghasilkan 55 album studio, selain menampilkan acara TV-nya sendiri, memainkan acara untuk tahanan dan menjalani kehidupan yang layak untuk film pemenang Oscar. 

Tidak heran jika semasa hidupnya Johny Cash dikenal sebagai musisi yang juga pribadi yang seba bisa. Dengan talenta tersebut, tidak heran jika jumlah album yang ia miliki mencapai angka yang tinggi. Ingatlah hal ini ketika lain kali kamu merasa sibuk bahwa Johny Cash bekerja dengan sangat keras.

4. Buckethead – 204 album

Kamu mungkin akan melihat band ini aneh jika melihat vokalisnya adalah seorang pria yang memakai ember KFC di kepalanya tidak akan terlalu giat, tetapi Buckethead merupakan band yang sangat produktif dengan koleksi 166 album. Sejak 1992, Ol ‘Bucket telah mengeluarkan 166 album studio, suatu prestasi yang semakin mengesankan dengan merilis 123 di antaranya dalam 3 tahun terakhir. 

Hebatnya, album-album itu hanyalah angka di puncak gunung es. Jika kamu menghitung semua proyeknya yang lain, maka bisa dihitung bahwa koleksi album Buckethead adalah 204 album! Pasalnya band ini juga lernah melakukan kolaborasi dengan band ternama lainnya seperti Gun n Roses dan juga beberapa band populer lainnya.

3. Elvis Presley – 313 album

Di posisi ke ke tiga musisi dengan jumlah album terbanyak dalam karirnya adalah sang bintang rock and roll, Elvis Presley. Ketika dia tidak berkeliaran di Vegas dengan jumpsuit atau bersantai di Graceland dengan burger keju, Elvis membuat album seperti tidak ada lagi hari esok.  Sampai kematiannya pada tahun 1977, Sang Raja merilis lebih dari 60 album, termasuk banyak koleksi dan soundtrack. Album terlarisnya sendiri adalah koleksi natal Elvis yang terjual hingga 20 juta kopi.

BACA JUGA:  8 Festival Musik Terbesar di Dunia, Ratusan Ribu Orang Nyanyi Bareng

Hebatnya, meskipun, Elvis bisa dibilang lebih produktif dari alam kubur atau setelah kemariannya. Ada 87 kompilasi sejak kematiannya, meskipun itu tidak seberapa dibandingkan dengan 130 album yang dirilis oleh Follow That Dream yang merupakan label rekaman yang secara eksklusif merilis rekaman Elvis yang langka. Secara total, Elvis telah muncul di 313 album!

2. Merzbow – 418 album

Masami Akita AKA Merzbow adalah seniman ‘noise’ Jepang yang dapat membuat klaim sah sebagai musisi paling produktif yang pernah ada … meskipun beberapa orang akan berpendapat bahwa ‘noise’ yang merupakan karyanya tidak dianggap sebagai musik yang sebenarnya. Merzbow telah merilis setidaknya sebanyak 418 album sejak 1980. Itu artinya dia merilis sebuah album setiap bulannya selama 35 tahun berturut-turut.

Dari banyaknya album tersebut, ada termasuk 279 album studio yang fenomenal dan 74 album live.  Dengan asumsi setiap album berdurasi 40 menit, itu berarti sekitar 278 jam musik yang telah ia buat. Penasaran dengan jenis musik yang ia bawakan?

1. Nana Mouskuri

Siapa musisi wanita dengan album terbanyak di di dunia? Madona? Beyonce? Lady Gaga? Bukan. Musisi dengan jumlah album terbanyak sepanjang karirnya adalah Nana Mouskouri. Nana merupakan seorang penyanyi Yunani yang masih aktif di usia 80 tahun. Secara keseluruhan, ia telah telah menjual lebih dari 300 juta album di seluruh dunia.

Selain itu, bisa dikatakan bila dia juga mungkin musisi paling produktif sepanjang masa. Fakta lainnya menyebutkan bahwa sulit untuk menemukan angka sebenarnya dari total album yang telah dia rilis. Namun berapa sumber mengatakan bahwa diperkirakan dia telah membuat total 450 album. Namun tidak hanya itu saja yang membuat tercenganh, pasalnya yang lebih mengesankan adalah bahwa koleksi albumnya direkam dalam 15 bahasa yang berbeda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here