Dan Twitch.tv Pun Menjadi Mangsa Google

0
52
Twitch.tv

Hari ini sekitar beberapa jam lalu, muncul berita mengejutkan. AT&T telah resmi mengumumkan bahwa mereka berencana membeli DirecTV, nilai akuisisinya dikabarkan bernilai miliaran Dollar.

Dan ada kabar lebih fanstastis lagi, Google/Youtube diberitakan akan membeli Twitch.tv, sebuah layanan streaming yang membuat para gamer bisa menonton gamer lainnya bermain game, secara live. Nilainya? 1 Miliar Dollar (sekitar 10 triliun Rupiah).

Menurut Variety, kesepakatan pembelian ini sudah dilakukan, hanya tinggal menunggu pengumuman resminya saja. Semenjak peluncurannya pada 2011, Twitch.tv terus meningkat popularitasnya, terutama di kalangan gamer.

Twitch.tv
Twitch.tv

 

Ternyata banyak orang yang senang untuk menonton orang lain bermain game. Untuk jenis game yang berat dan serius, seperti Dota 2 atau League of Legends, gamer menonton untuk belajar cara bermain game tersebut (seperti tutorial game), sedangkan untuk game yang lebih santai, mereka menonton hanya untuk hiburan.

Twitch.tv ini sendiri adalah sebuah pengembangan dari website induknya, Justin.tv, sebuah layanan livesteaming yang ditujukan untuk masyarakat umum dengan berbagai kategori. Beberapa tahun setelah Justin.tv diluncurkan, pendirinya melihat bahwa channel-channel yang berada di kategori game berhasil menarik jumlah penonton yang sangat signifikan. Hingga pada tahun 2011, mereka mendirikan website baru khusus untuk livestreaming game, yaitu Twitch.tv.

Boleh dibilang Twitch.tv menjadi hal yang di luar kebiasaan, karena dapat melebihi kesuksesan induk perusahaannya, Justin.tv. Twitch.tv telah berhasil mengumpulkan revenue 35 juta Dollar (sekitar 350 milyar Rupiah).

Melihat kesuksesan dari Twitch.tv ini, tidak heran kalau Google tergiur untuk membelinya.

 

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY