9 Laptop Chromebook Terbaik, Apakah Speknya Masih Kentang?

0
211

Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan rencana pemerintah yang menganggarkan ratusan ribu laptop berbasis Chromebook yang memiliki spek minim namun harganya diduga sangat mahal. Namun apakah memang Chromebook yang diberikan memiliki spek kentang? Berikut ini ada 9 laptop Chromebook terbaik yang mungkin bisa dijadikan perbandingan dengan tawaran pemerintah.

9. Lenovo Flex 3 Chromebook

Ada alasan mengapa pemerintah mengandalkan Chromebook ketimbang laptop berbasis Windows. Salah satunya adalah kontrol yang diberikan lebih baik untuk pengguna anak-anak terutama pelajar. Nah salah satunya yang terbaik adalah Lenovo Flex 3 Chromebook ini. Laptop Chromebook ini merupakan laptop yang dikatakan terbaik untuk anak anak karena berbagai kelebihan.

Kelebihan pertama adalah karena harganya yang cenderung murah dengan harga 350 dollar atau sekitar 5 jutaan rupiah. Selain murah, laptop ini juga ringan karena memiliki layar 11 inch,
bsangat portable dan juga bisa bertahan selama 9 jam sekali charge. Berprosesor Intel Celeron, perangkat ini memang dikhususkan untuk browsing dan kegiatan office saja.

8. Dell Inspiron 14

Di posisi kedelapan laptop Chromebook terbaik adalah Dell Inspiron 14. Laptop ini mungkin lebih baik dari Flex 3 karena layar dari laptop ini sudah mendukung sylus, memiliki ukuran layar Full HD, prosesor Core i3 Gen 8, RAM 4 GB dan juga storage sebesar 128 GB. Jangan heran jika Chromebook memiliki memori kecil karena penggunaannya disarankan selalu terkoneksi internet.

Dengan spesifikasi yang lebih baik, kamu bisa melakukan lebih banyak multitasking dan juga beberapa fungsi yang berkaitan dengan penggunaan stylus seperti desain sederhana. Harganya? Untul Inspiron 14 dari Dell ini dijual dengan harga 649 dollar atau jika dirupiahkan sebesar 9,3 jutaan rupiah. Laptop Chromebook 10 juta ya begini ini.

7. Lenovo C13 Yoga Chromebook

Di posisi ketujuh ada Lenovo C13 Yoga Chromebook. Memiliki kata Yoga di produknya berarti laptop ini memiliki banyak fungsi karena layarnya yang bisa ditekuk sampai menempel di bagian keyboardnya. C13 Yoga Chromebook ini sendiri didaulat sebagai laptop Chromebook terbaik di kelas premium karena dukungan jeroan seperti prosesor AMD Ryzen 3000 Mobile C series.

BACA JUGA:  8 Produk Gagal Apple di Masa Lalu, Ternyata Apple Pernah Gagal Juga Loh

Dukungan lain ada pada layar Full HD Touchscreen karena bisa menjadi tablet, ram 8 GB, serta internal 128 GB, sensor sidik jari, bodi alumunium, serta kemampuan bertahan hingga 6 jam dalam sekali charge. Laptop ini juga didesain untuk dapat menjalankan aplikasi berat termasuk juga game. Harganya? 719 dollar atau sekitar 10,3 juta rupiah.

6. Google Pixelbook Go

Chromebook memiliki sistem operasi ChromeOS yang mana dikembangkan oleh Google. Dan kali ini salah satu laptop Chromebook terbaik tentu saja juga berasal dari Google yakni Google Pixelbook Go. Memiliki layar 13,3 inch, laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam dengan fungsi penuh.

Sayangnya laptop Chromebook terbaik dari Google ini terbilang cukup mahal yakni berada di kisaran harga mulai dari 878 dollar yang mana bila dirupiahkan adalah 12,6 juta. Untuk spek yang ditawarkans eperti prosesor Core i5, RAM 8 GB serta internal sebesar 128 GB saja. Jadi bisa dibilang jika kebanyakan Chromebook memiliki memori internal kecil meski harganya cukup mahal.

5. Samsung Galaxy Chromebook 2

Di posisi kelima laptop Chromebook terbaik ada Samsung Galaxy Chromebook 2. Meskipun sudah ada versi keempatnya, namun untuk versi keduanya ini masih disebut sebagai yang terbaik dan juga yang lebih. Berbeda dengan seniornya yang memiliki harga hingga mencapai 1000 dollar, laptop ini hanya dihargai sebesar 549 dollar saja atau 7,9 jutaan rupiah saja.

Speknya tentu saja tidak bisa banyak berharap banyak jika dibanding dengan pendahulunya, mulai dari RAM yang hanya 4 GB, internal 64 GB dengan prosesor Intel Celeron. Hanya saja yang menjadi nilai plus adalah layarnya yang sudah menggunakan QLED.

4. Asus Chromebook Detachable CM3

Di posisi keempat ada Asus Chromebook detachabel CM3 yang mana merupakan salah satu laptop Chromebook terbaik yang ringkas. Ringkas karena laptop ini memiliki layar berukuran 10 inch serta layar yang bisa dilepas. Desain dan material bodinya juga terbilang beda yakni berupa kain khusus yang premium. Karena layarnya bisa dilepas, itu artinya bisa memanfaatkan stylus yang ada dalam paket.

BACA JUGA:  Dan Twitch.tv Pun Menjadi Mangsa Google

Hanya saja sangat disayangkan karena ada kekurangan pada bagian port yakni hanya tersedia 2 port saja yakni port USB Type C dan port audio jack. Selain itu kekurangan ada pada prosesornya yang lambat karna mengandalkan MediaTek saja. Pdahal harganya terbilang cukup mahal yakni 369 dollar atau sekitar 5,3 jutaan rupiah untuk ram 4 GB dan internal hanya 64 GB saja.

3. HP Chromebook x360 14

Tulisan x360 bukan hanya sekedar tulisan untuk salah satu laptop Chromebook terbaik dari HP, HP Chromebook x360 14. Berlayar 14 inch, layar laptop ini bisa diputar penuh 360 derajat sehingga berubah menjadi sebuah tablet. Disebut terbaik karena laptop ini menawarkan prosesor i3, RAM 8 GB serta internal 64 GB. Di Indonesia sendiri laptop ini dihargai 16,6 juta rupiah.

2. Lenovo Chromebook Duet

Selanjutnya ada laptop Chromebook terbaik untuk harga yang paling murah yakni Lenovo Chromebook Duet. Laptop ini memiliki spek yang lumayan yakni prosesor Mediatek Helio P60T yang juga digunakan di banyak smartphone, internal luas 128 GB serta RAM 4 GB yang standar. Laptop berukuran 10 inch ini juga memiliki kelebihan layarnya yang bisa dilepas sebagai tablet.

Harganya? Sekitar 249 dollar atau sekitar 3,5 jutaan rupiah saja. Masih lebih murah ketimbang beberapa laptop sebelumnya.

1. Acer Chromebook Spin 713

Di posisi puncak laptop Chromebook terbaik jatuh pada Acer Chromebook Spin 713. Laptop ini merupakan laptop yang ditenagai oleh prosesor intel generasi ke 11 yang jelas akan membuat multitasking aplikasi berat terasa ringan. Untuk spesifikasi lainnya juga terbilang baik dengan RAM 8 GB serta internal seluas 128 GB saja.

Hanya saja kekurangan dari laptop ini adalah pada bagian audio yang dianggap kurang baik. Sedangkan fungsi plus lain ada pada tersedianya HDMI port. Layar 13,5 inchnya juga nyaman untuk disentuh terutama dengan stylus. Kembali untuk urusan harga, laptop ini harus ditebus dengan harga mencapai 18 juta di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here