8 Film Kartun Paling Tua, Pasti Kamu Belum Lahir

0
166

4. Gertie The Dinosaur

Di posisi ke empat film kartun paling tua yang masih tersimpan rapi adalah sebuah film kartun tentang seekor dinosaurus berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini dirilis pada 8 Februari 1914, dua tahun setelah sang pembuat yakni Winsor McCay merilis How A Mosquito Operates yang juga merupakan salah satu film kartun yang paling tua. Durasi filmnya kali ini lebih lama yakni mencapai 12 menit.

3. How A Mosquito Operates

Di posisi ketiga film kartun paling tua ada film kartun berjudul How a Mosquito Operates. Film kartun ini dirilis pada Januari 1912. Film ini merupakan kelanjutan dari film Little Nemo yang dirilis di tahun sebelumnya. Di film kartuni ini, cerita dalam film lebih mendetail dan juga lebih dapat dinikmati terutama pada karakter utamanya yang lebih dapat dipahami karena berdurasi selama 6 menit. Penasaran? Coba deh tonton, lucu kok.

BACA JUGA:  Kevin MacDonald Ingin Sutradarai Film Elvis

2. Little Nemo

Bukan, film kartun ini bukanlah film tentang seekor ikan bernama Nemo dengan animasi keindahan lautan yang memukau. Film ini merupakan karya dari para kartunis di surat kabar New York Herald dan His Moving Comics pada tahun 1911. Meskipun tidak sepenuhnya merupakan film animasi atau hanya tampil sebagian, namun kamu dapat melihat bagaimana film kartun paling tua ini bergerak layaknya film kartun jaman sekarang.

BACA JUGA:  Cate Blanchett Isi Suara How to Train Your Dragon 2

1. Fantasmagorie

Di posisi pertama film kartun paling tua ada sebuah film kartun berjudul Fantasmagorie. Film ini merupakan film kartun karya dari kartunis Emile Cohl asal Perancis pada tahun 1908. Film menayangkan sebuah karakter yang masih berbentuk stick man yang bergerak dengan banyak objek lainnya seperti sebuah botol wine yang berubah menjadi bunga. Karena teknik pembuatan animasi kartunnya ini, Cohl kemudian pergi ke Amerika pada tahun 1912 dan kemudian menyebarkan tekniknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here