10 Film Perang Terbaik Wajib Tonton

0
2924

5. Letters From Iwo Jima (2006)

Berlatar belakang pada perang dunia kedua, yang lebih tepatnya adalah dari pertempuran antara Amerika dan Jepang. Letters from Iwo Jima adalah film unik tentang Pertempuran Iwo Jima yang jalan ceritanya mengambil dari sudut pandang tentara Jepang. Clint Eastwood yang menyutradarai film ini mengambil banyak pemeran asli Jepang antara lain Ken Watanabe dan Kazunari Ninomiya.

Salah satu film terbaik bergenre perang ini bisa dikatakan merupakan kelanjutan film Flags of Our Fathers atau juga jawaban dari film tersebut yang bercerita tentang pertempuran Iwo Jima, namun dari sudut pandang tentara Amerika Serikat. Keduanya menjadi hasil Proyek Iwo Jima yang berusaha menceritakan Pertempuran Iwo Jima dari sudut pandang masing-masing oleh pihak yang berperang sehingga tidak ada dominasi sejarang. Meskipun film ini diproduksi oleh dan di Amerika Serikat, tetapi hampir keseluruhan dialog menggunakan bahasa Jepang.

4. The Pianist (2002)

Film yang memiliki latar belakang cerita di Jerman pada perang dunia kedua. The Pianist bercerita tentang seorang keturunan Yahudi asli yang tinggal di sekitar Jerman. Saat Partai Nazi berkuasa, ada beberapa peraturan yang sengaja ditambahkan agar membuat mereka semakin tersudut. Akhirnya perang pun memasuki negeri mereka dan merenggut segalanya.

BACA JUGA:  8 Film Animasi Barbie Terbaik Paling Terkenal

Nah, si pemeran utama yang merupakan salah seorang pemain piano handal di kotanya membuat komandan Jerman menyukai dia karena permainan pianonya dan membiarkannya hidup ketika dia tertangkap basah. Film perang dunia terbaik di posisi ke empat ini diperankan oleh Adrien Brody secara apik.

3. Paths of Glory (1957)

Film perang dunia terbaik di posisi ketiga ini mengambil masa saat Perang Dunia pertama sekitar tahun 1916. Diawali dengan awbuah prolog tentang gambaran situasi yang terjadi pada masa tersebut, George Broulard (Menjou) yang merupakan seorang Jenderal meminta rekan sesama jendralnya yakni Mireau (Macready) untuk mengirimkan anak buahnya guna dalam sebuah misi bunuh diri yang tujuan dibaliknya adalah godaan kenaikan pangkat.

Mireau pun menerima tugas tersebut yang kemudian mengirim Kolonel Dax (Douglas) dan pasukannyanya untuk melakukan penyerangan terhadap tentara Jerman tersebut. Dax sendiri sudah menyadari kalau misi tersebut akan gagal, dan menolak untuk menjalankannya misi. Misi tersebut pun akhirnya gagal dan Mireau berusaha untuk menghindar dari tanggung jawabnya.

Dax yang tidak terima dengan Mireau berusaha membela tiga rekannya yang akan dieksekusi sebagai tumbal kesalahan Mireau yang kemudian menuntunya kepada banyak fakta rahasia dari petinggi militer. Film ini berasal dari sebuah novel yang sebenarnya kurang populer namun pada akhirnya menjadi populer karena dijadikan sebuah film.

BACA JUGA:  8 Film Blockbuster Paling Mengecewakan tahun 2017

2. Schindler List (1993)

Di posisi kedua film perang dunia terbaik yang bisa anda saksikan adalah Schindler List. Bercerita tentang seorang pengusaha asal Jerman yang bernama Schindler yang harus tetap mempertahankan usahanya ditengah perang. Schindler berusaha untuk memperoleh banyak buruh Yahudi yang ditangkap di kamp pengungsian sebagai tenaga kerja pabriknya untuk memenuhi kebutuhan militer tentara Jerman.

Lama kelamaan sikap Sclinder yang tadinya hanya mencari keuntungan dari buruh buruh Yahudi itu berubah menjadi seseorang yang berhati lembut dan peduli terhadap buruh buruhnya. Di saat terakhir dia mengupayakan agar buruh buruhnya yang tertulis pada list milik Schindler selamat dari pembantaian oleh tentara Jerman. Schindler diperankan oleh aktor bersuara khas Liam Neeson dan disutradarai oleh sutradara kenamaan Steven Spielberg.

1. Saving Private Ryan (1998)

Film Saving Private Ryan ini berkisah tentang empat bersaudara yang tiga diantaranya mati karena perang dunia. Karena petinggi militer Amerika tidak tega jika sang ibu menerima tiga surat yang memberitakan tigas anaknya meninggal, maka militer Amerika mengupayakan untuk menyelamatkan Private Ryan yang menjadi anak keempat dari empat bersaudara itu. Akhirnya petualangan mencari prajurit Ryan ini pun berlangsung diantara misi tentara Amerika dalam menghabisi musuh musuhnya. Film perang dunia terbaik urutan pertama ini berada di masa perang dunia ke-2. Private Ryan diperankan oleh Tom Hanks yang diikuti oleh banyak bintang seperti Matt Damon dan Vin Diesel.

https://youtu.be/h5p5j_K0CsY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here