8 Video Game Tertua, Kamu Sudah Lahir Belum Ya?

0
128

4. Galaxy Game

Di posisi keempat video game tertua ada Galaxy Game. Game ini kurang dikenal dari dua game arcade pertama yang pernah dirilis, yang keduanya didasarkan pada game komputer Spacewar sebelumnya! Permainan ini dikembangkan oleh Bill Pitts dan Hugh Tuck, di gedung persatuan mahasiswa Universitas Stanford, pada waktu yang sama ketika Syzygy Engineering (yang nantinya akan menjadi Atari) merilis game arcade berbasis Spacewar!, Computer Space. Sayangnya, Pitts dan Tuck tidak dapat mengubah Galaxy Game menjadi sukses komersial karena mereka memilih untuk fokus pada rekayasa game daripada sisi bisnis dari ide mereka. Konsol kedua masih beroperasi dan saat ini merupakan pameran yang dapat dimainkan di Museum Sejarah Komputer.

BACA JUGA:  Stardock Akan Buat Reboot “Star Control”

3. Computer Space

Di posisi ketiga video game tertua ada Computer Space. Computer Space adalah game video arcade pertama serta video game pertama yang tersedia secara komersial. Computer Space dirancang oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney pada tahun 1970 – 1971 dan dimaksudkan untuk menjadi versi Spacewar yang dioperasikan dengan penggunaan pembayaran koin. Bushnell dan Dabney membentuk Syzygy Engineering untuk bekerja di Ruang Komputer. Mereka bermitra dengan Nutting Associates untuk membangun kabinet permainan prototipe untuk Ruang Komputer. Setelah tes awal berhasil, Nutting memesan 1.500 unit game dan Syzygy akhirnya menjual semua 1.500 game. Meskipun Computer Space bukan jawaban yang diharapkan Syzygy, namun game ini menandai awal resmi industri video game.

2. Spacewar

Dari semua game awal dalam daftar video game tertua, Spacewar mungkin menjadi salah satu yang paling berpengaruh.  Game ini sangat populer di kalangan komunitas pemrograman kecil tahun 1960-an dan menginspirasi untuk membuat game arcade komersial pertama. Game tentang perang antara pesawat ruang angkasa ini sangat penting untuk sejarah video game yang merupakan entri pertama dalam kanon game di Perpustakaan Kongres A.S.

BACA JUGA:  Sisi Positif Bermain Game

1. Tennis For Two

Di posisi puncak video game tertua ada Tennis for Two yang secara luas dianggap sebagai video game tertua di dunia.  Itu adalah game komputer pertama yang dibuat semata-mata untuk hiburan daripada untuk penelitian akademis.  Tennis for Two dikembangkan oleh fisikawan Amerika William Higinbotham yang bekerja di Brookhaven National Laboratory sebagai kepala divisi instrumentasi. Higingbotham mendapat ide untuk Tennis for Two setelah membaca instruksi manual untuk komputer analog Donner Model 30.  Dia menemukan bahwa komputer dapat menghitung lintasan rudal balistik atau bola memantul dengan hambatan angin dan Higingbotham menggunakan osiloskop untuk menampilkan permainan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here