8 Musisi Yang Meninggal di Depan Penontonnya, Ada dari Indonesia Juga

0
10817

Datangnya kematian memang tidak dapat diduga-duga. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan juga dimana saja. Termasuk juga pada musisi yang bisa saja meninggal saat mereka sedang tampil di atas panggung. Berikut ini ada 8 musisi yang meninggal di depan penontonnya saat konser. Tentunya ini menjadi kejadian yang tidak akan terlupakan bagi penggemar yang mencintai musisi tersebut.

8. ‘Dimebag’ Darrell Abbott

Di posisi ke delapan musisi yang meninggal di depan penontonnya adalah Darrell Abbott yang dijuluki sebagai Dimebag. Abbott sendiri merupakan anggota dari band rock Damageplan yang dibentuk setelah bubarnya band metal populer Pantera oleh gitaris Pantera. Abbott meninggal di atas panggung bersama beberapa orang lainnya saat tampil di Alrosa Villa, sebuah klub di Ohio. 

Seorang mantan Marinir berusia 25 tahun bernama Nathan Gale menyelinap ke klub dengan pistol dan berjalan ke atas panggung, melepaskan tembakan ke Abbott hanya 90 detik setelah Damageplan bersiap tampil. Pelaku dikatakan diberhentikan dari militer karena masalah kesehatan mental, yang kemudian meninggal akibat tembakan seorang petugas polisi.

7. Richard Versalle

Pada Januari 1996, penyanyi opera Richard Versalle tampil di The Makropulos Case. Penyanyi tenor itu memerankan Vitek, seorang lelaki tua yang bekerja di sebuah firma hukum. Dalam adegan pembuka opera, Versalle berdiri tinggi di atas tangga bergaya perpustakaan untuk menyimpan arsip kasus. Pertunjukkan megah yang ditampilkan di depan ratusan penonton.

Secara tragis dan mengejutkan, saat Versalle menyanyikan baris yang memiliki lirik berarti “Sayang sekali Anda hanya bisa hidup begitu lama” penyanyi berusia 63 tahun terjatuh dari tangga dan ditemukan meninggal di atas panggung. Namun hal tersebut bukan menjadi penyebab kematiannya. Versalle dikabarkan mengalami serangan jantung yang membuatnya terjatuh.

6. Nick Menza

Nick Menza merupakan seorang rocker ternama yang juga pernah menjadi anggota Megadeth. Selain Megadeth, Menza bermain dengan beberapa band, antara lain Chodle’s Trunk, Fear Assembly, Orphaned to Hatred, dan OHM. Saat manggung bersama OHM pada Mei 2016 itulah Menza meninggal dunia akibat serangan jantung. 

Pria berusia 51 tahun itu pingsan di atas panggung setelah lagu ketiga dari penampilan band di sebuah pertunjukan di Studio City, California, dan dia dinyatakan meninggal saat tiba di rumah sakit terdekat. Menza menambah daftar musisi yang meninggal di depan penontonnya dan juga akibat serangan jantung.

BACA JUGA:  5 Lagu Galau Hits Untuk Si Brokenheart

5. Sib Hashian

Di posisi ke lima musisi yang meninggal di depan penontonnya ada Sib Hashian. Hashian merupakan seorang drummer yang bermain di dua album rock terlaris tahun 70-an: Boston dan Don’t Look Back. Beberapa tahun terakhir, Hashian bergabung dengan grup musik nostalgia rock klasik dan Legends of Rock Cruise.

Penggemar musik di kapal dihibur oleh band-band yang mencakup berbagai dan berbagai anggota dari Foreigner, Kansas, Beach Boys, Boston, dan lebih banyak lagi band favorit klasik. Akan tetapi saat tampil di laut pada Maret 2017, Hashian pingsan di belakang drum kemudian meningga dalam usia 67 tahun.

4. Col. Bruce Hampton

Di posisi ke empat ada Col. Bruce Hampton yang mana meninggal saat berada di panggung di depan penontonnya. Hampton tampil di atas panggung setelah ulang tahun ke 70 nya. Saat seorang gitar remaja bernama Taz Niederauer memamerkan beberapa trik bermain gitar dan Hampton terlihat jatuh berlutut, meletakkan lengannya di atas pengeras suara di atas panggung.

Para pemain musik lainnya tidak menyadari bahwa itu bukanlah aksi panggung dan tetap bermain. Hamptoin ditemukan pingsan tidak sadarkan diri kemudian dibawa ke rumah sakit. Namun sayangnya Hampton tidak selamat meskipun sudah dibawa ke rumah sakit Atlanta.

3. Irma Bule

Di posisi ketiga musisi yang meninggal di depan panggungnya berasal dari Indonesia yakni Irma Bule. Irma merupakan salah satu penyanyi dangdut yang dikenal tampil heboh. Saat tampil di Karawang, Indonesia, pada tahun 2016, penyanyi berusia 29 tahun itu memegang seekor kobra hidup yang telah ia gunakan selama bertahun-tahun.

BACA JUGA:  “Melophobia”, Album Baru Cage The Elephant

Baru pada lagu keduanya, ular itu menggigit paha Bule.  Akan tetapi waktu itu Irma tidak terlalu memikirkannya karena berpikir seseorang telah menghilangkan atau menghilangkan racun ular kobra. Akan tetapi sekitar 45 menit kemudian, Bule masih melakukan pertunjukannya ketika dia mulai muntah dan kejang. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit setempat.

2. Barbara Weldens

Pada tahun 2017, penyanyi berusia 35 tahun ini baru saja merilis album pertamanya dan menjadi daya tarik besar di Festival Léo Ferré yang diadakan di sebuah gereja di desa Goudron, Prancis.  Menurut saksi mata, Weldens menampilkan pertunjukan yang luar biasa dan mendapat tepuk tangan meriah.

Akan tetapi, tiba-tiba dia terdiam dan kemudian meluncur ke depan dan jatuh tak bernyawa ke tanah. Laporan awal kepolisian memberikan spekulasi jika “kerusakan listrik” kemungkinan menjadi penyebab mengapa jantung Weldens berhenti. Alasannya saat itu Weldens tampil tanpa alas kaki. 

1. Les Harvey

Ada segala macam potensi bahaya di atas panggung mulai dari lampu yang bisa saja jatuh, terpeleset dan jatuh dari panggung yang tinggi dan banyak lagi seperti kematian akibat listrik yang mengalir ke semua gitar dan ampli listrik sehingga menyebabkan gitarisnya meninggal. Itulah yang membunuh Les Harvey, gitaris band blues-rock Skotlandia, Stone the Crows.

Sebelum dimulainya konser di Swansea, Wales, pada 3 Mei 1972, Harvey menyetel instrumennya di depan sekitar 1.200 penggemar dan membuat kesalahan fatal dengan mengambil mikrofon yang tidak diatur dengan benar. Dari situ sengatan listrik mematikan ke seluruh tubuhnya.  Harvey meninggal di rumah sakit, dan, seperti banyak bintang lain yang meninggal secara tragis, Harvey berusia 27 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here