8 Virus Komputer Paling Berbahaya Yang Pernah Membuat Geger Dunia

0
311

4. Sasser

Virus komputer paling berbahaya ini tergolong sebagai worm yang menyerang pada tahun 2004. Serangan dari virus ini pun dikatakan sangat berbahaya karena dapat membuat perangkat komputer menjadi lambat bahkan crash. Akibat terburuknya adalah komputer dapat mereset dirinya sendiri. Virus ini dikatakan dibuat oleh seorang pelajar ilmu komputer yang kemudian mendapatkan hukuman karena kerugian dari penyebaran virus ini.

3. Melissa

Virus yang satu ini menggunakan rasa ingin tahu korban sebagai umpannya. Dengan menawari daftar alamat situs porno korban akan mengklik program menyerupai file Word yang sebenarnya adalah salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah dibuat. Virus ini dikatakan merusak file Word yang sudah pasti akan sangat merugikan. Virus ini dibuat oleh seseorang bernama David L. Smith yang kemudian diciduk oleh pihak FBI.

BACA JUGA:  Hacker Dapat Ambil Kendali Mobil Anda?

2. CodeRed

CoderRed menjadi virus komputer paling berbahaya di tahum 2001 yang menginfeksi jutaan kompuer di seluruh dunia melalui celah yang berada dalam sistem operasi Windows. Hasilnya file dari virus tersebut memperbanyak diri dan memenuhi perangkat dengan banyak resources. Salah satu pesan yang muncul ketika komputer terinfeksi oleh CodeRed adalah “Hacked by Chinese” yang kemudian menjadi meme yang terkenal di dunia maya.

BACA JUGA:  Kendalikan Komputermu Dengan Gerakan Tangan

1. ILOVEYOU

ILOVEYOU merupakan virus komputer paling berbahaya  yang dipercaya bahkan telah menginfeksi hingga 10 persen komputer di dunia. Dibuat oleh dua orang programer asal Filipina, ILOVEYOU menyebar melalui attachment dari email yang kemudian dampak buruknya adalah membuat mailing komputer tersebut itu mati. Hal ini tentu saja sangat merugikan perusahaan yang mengandalkan email sebagai perangkat kerjanya. Akibat dari virus ini, dua orang pembuat virus asal Filipina tersebut dicokok pihak berwajib dan dituntut dengan hukum pemanfaatan IT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here