Hotel Yang Isinya Robot? Ada Kok Di Jepang!

0
352

Hotel berbintang lima di Jepang bernama Henn-na Hotel — yang jika diterjemahkan adalah Hotel Aneh — minggu ini dibuka untuk pengunjung Huis Ten Bosch, taman rekreasi di Nagasaki Prefecture.

Sesuai namanya, memang ada yang aneh dengan hotel ini. Yaitu semua karyawannya adalah robot!

Ketika masuk ke dalamnya, tamu yang berbahasa Jepang akan disambut oleh robot resepsionis berbentuk manusia. Sedangkan untuk tamu yang menggunakan bahasa Inggris, maka tamu tersebut akan disambut oleh robot berbentuk dinosaurus. Tidak jelas kenapa untuk tamu berbahasa Inggris disambutnya oleh robot dinosaurus, tapi sekali lagi memang sesuai dengan nama hotelnya, Aneh!

henna hotel

Robot resepsionis ini dikatakan memiliki kecerdasan, sehingga mampu menjawab berbagai pertanyaan tamu, atau bahkan mengobrol dengan tamu.

Untuk bellboy, hotel ini memiliki droid atau robot yang bisa membawa koper atau barang bawaan anda ke salah satu dari 72 kamar yang tersedia. Tenang, kamu tidak perlu memberikan uang tip kepada robot ini  🙂

Hotel ini sekarang berada dalam pengembangan tahap pertama. Tahap kedua diperkirakan akan selesai pada 2016 dengan tambahan 72 kamar lagi.

Ketika hotel ini pertama kali diumumkan, Presiden dari Huis Ten Bosch, Hideo Sawada, mengatakan bahwa dirinya berharap 90% aktifitas hotel ini akan dijalankan oleh robot.

“Dimasa depan, kita berharap untuk bisa membangun 1000 hotel yang seperti ini diseluruh dunia,” tambahnya.

Fitur lainnya akan membuat Henn-na hotel paling futuristik dengan biaya rendah. Pintu masuk ke kamar akan bisa diakses dengan teknologi pengenalan wajah. Fasilitas yang ada di kamar juga akan dibuat minimalis, tamu bisa memesan item tambahan melalui tablet.

Kamar juga tidak akan menggunakan penyejuk ruangan, melainkan menggunakan panel radiasi yang akan mendeteksi panas tubuh tamu dan menyesuaikannya dengan suhu ruangan. Pembangkit tenaga matahari dan fitur hemat-energi lainnya akan juga digunakan untuk menekan biaya operasional.

Keliatannya seru, tapi kapan ya hotel ini ada di Indonesia?  🙂

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY