5 Teknologi Gagal Karena Tidak Sesuai Jamannya

0
151

Teknologi bisa diterima masyarakat luas dan berkembang pesat kalau waktu dan alat yang dikeluarkan sesuai. Tapi tidak sedikit alat teknologi canggih yang tidak terjual pesat dikarenakan tidak sesuai pada masanya, sehingga harganya menjadi terlalu mahal. Teknologinya pun kadang tidak tepat guna. Apa saja ya? Inilah 5 teknologi yang jadi gagal karena tidak sesuai masanya.

1. Apple Newton Messagepad 100

lima teknologi ini gagal karena nggak sesuai jamannya 1
Alat ini adalah cikal bakalnya Ipad keluaran Apple sekarang. Pada jaman sekarang orang mana sih yang nggak kenal Ipad? Hampir semuanya tahu, walaupun nggak semuanya memakai teknologi yang satu ini. Ternyata, tujuh belas tahun yang lalu Apple sudah mencoba membuat teknologi yang mirip dengan Ipad sekarang, namanya Apple Newton Messagepad 100, produk ini bisa dibilang jauh dari Ipad. Dilengkapi dengan stylus tapi tanpa kemampuan membaca tulisan yang sesuai, membuat produk ini nggak laku, selain harganya juga terlalu mahal di masa itu.

2. Nokia 9000 Communicator

lima teknologi ini gagal karena nggak sesuai jamannya 6
Ponsel keluaran Nokia ini merupakan bibitnya smartphone masa kini. Hanya saja, pada waktu ponsel ini dibuat, teknologi masih terbatas, jadi dalam pembuatan pun hanya seadanya. Akibatnya, ponsel ini menjadi gadget yang mempunyai banyak fitur, tapi body terlalu tebal. Walaupun keluaran pertamanya tidak sukses, reinkarnasi dari ponsel ini bisa diterima di pasaran, sampai pada E90.

3. Dynabook

lima teknologi ini gagal karena nggak sesuai jamannya 3
Perpaduan antara tablet dan laptop, Dynabook diciptakan oleh Alan Kay pada tahun 1968. Sayangnya, karena kekurangan dana, produk ini jadi nggak diproduksi secara massal.

4. Microsoft SPOT Watch

lima teknologi ini gagal karena nggak sesuai jamannya 5
Jam tangan pintar pertama, bisa dibilang lah. Sebelum semua orang mengagumi smartwatch yang ada seperti sekarang ini, rupanya Microsoft sudah mencoba membuat teknologi serupa. Dirilis tahun 2004, produk ini nggak laku karena iklannya nggak komprehensif, dan dari bentuk serta tampilan layar yang seadanya, kemampuan hanya browsing web pakai FM radio, juga harganya terlalu tinggi.

5. Audio Highway Listen Up MP3 Player

lima teknologi ini gagal karena nggak sesuai jamannya 2
Astaga, namanya panjang banget, ya? Yep, jangan salah, produk ini beneran dirilis pada tahun 1996 oleh Nathan Schulhof. Tapi nama yang terlalu panjang ini jadi bumerang untuk produk ini sendiri dan nggak begitu laku di pasaran. Selain teknologi pada waktu itu belum memadai, akhirnya kalah saing dengan Ipod keluaran dari Apple. Menurut Nathan, Ipod laris karena keluar di saat yang tepat.

Loading...
loading...
SHARE
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY