10.000 Blu-ray Disc Untuk Simpan 1 Petabyte Facebook

0
83

Facebook telah mengembangkan sistem penyimpanan prototipe yang menggunakan kabinet setinggi 7 kaki yang diisi dengan 10.000 Blu-ray disc untuk menyimpan data sebesar satu Petabyte. Perusahaan ini berencana untuk menggunakan sistem cold storage (penyimpanan dingin) ini untuk menyimpan berbagai file yang jarang diakses, seperti backup foto dan video milik pengguna.

Blu-ray disc secara ideal tidak digunakan untuk penyimpanan primer karena pengambilan datanya lambat, tetapi mereka adalah pilihan yang baik untuk memelihara file backup, terutama jika Anda mempertimbangkan faktor biaya. Menurut wakil presiden teknik Facebook, Jay Parikh, yang berbicara pada Open Compute Summit tahun ini, sistem penyimpanan baru ini akan membuat Facebook dapat menghemat sebesar 50 persen dalam hal biaya dan 80 persen dalam penggunaan energi jika dibandingkan dengan teknik cold storage HDD standar.

Parikh menunjukkan sistem prototipe itu di atas panggung pada saat summit. Dari luar, sistem prototipe itu tampak seperti kabinet server biasa lainnya, tetapi di dalamnya menggunakan lengan robot untuk memindahkan disc yang ada. Facebook juga merilis sebuah video yang menjelaskan bagaimana sistem tersebut bekerja.

Meskipun desain dari sistem penyimpanan itu akan dipublikasikan melalui Open Compute Project, masih belum jelas build mana dari Facebook yang akan menjalankan proyek tersebut.

Sistem Blu-ray prototipe itu rupanya telah digunakan, dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 30 Petabyte. Menurut laporan GigaOm, sumber daya kedua yang sama akan segera online. Perusahaan mengharapkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 150 petabyte dalam beberapa bulan.

Blu-ray hanyalah sebuah pilihan untuk cold storage, menurut IDG News, Facebook akhirnya mengincar sebuah versi yang didasarkan pada penyimpanan flash yang memakan daya rendah.

 

Sumber: techspot.com

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here