Hah, Kaset Ini Mampu Menyimpan 47 Juta Lagu!

0
74

Lupakan penyimpanan cloud, dan bersiaplah untuk sesuatu yang lebih dahsyat lagi. Sony telah menciptakan alat untuk penyimpanan data, yang mampu menyimpan data dalam jumlah yang diluar akal sehat.

Tidak tanggung-tanggung, alat ini mampu menyimpan data sebesar 180 terabytes (sekitar 180.000 gigabytes). Pertanyaannya adalah, alat apa yang mampu menyimpan data sebesar itu? Jawabannya akan membuat kita terbengong-bengong.

Sebuah KASET!

Benar kan, kalian pasti sekarang ini sedang bengong. Tenang, kita akan jelaskan secara perlahan.

Kaset ini adalah penemuan Sony, dimana kaset ini tidak terbuat dari gulungan pita plastik biasa, tapi menggunakan partikel magnetis berukuran mikroskopis, hingga mampu menyimpan data mencapai 180 terabytes.

Jika kita menggunakan seluruh kapasitas di kaset ini untuk menyimpan lagu, total lagu yang dapat dimasukkan ke kaset ini adalah sekitar 47,3 juta lagu, WOW!

sony-cassette
Kaset Sony

 

Sedangkan jika kita ingin memasukkan film ke dalam kaset ini, jika asusmsi 1 film format MKV kualitas High Definiton adalah 1 gigabyte, maka itu berarti kaset ini mampu menampung 180.000 film. Yah cukuplah untuk ditonton seumur hidup 😀

Dengan mengeluarkan kaset ini, berarti Sony telah berhasil mengalahkan rekor Fuji, dimana Fuji sebelumnya berhasil membuat kaset dengan ukuran 35 terabytes, ini berarti hanya 1/5 dari kapasitas kaset milik Sony.

Sony, yang bekerjasama dengan IBM dalam membuat kaset ini, mempresentasikan teknologi penemuannya di InterMag Europe, Dresden, Jerman.

Namun jika kalian merasa akan bisa menyetel kaset ini di radio tape atau boombox misalkan, kalian akan kecewa. Karena kaset ini hanya untuk penyimpanan data saja, tidak untuk digunakan seperti kaset yang kita kenal. Merekam dan mengambil data dari kaset ini akan memakan waktu yang sangat lama, jika dibandingkan dengan penyimpanan digital yang kita ketahui sekarang ini (seperti flashdisk).

Duh sayang yah, padahal kayanya asik kalau jalan-jalan Jakarta Bali cukup dengan menyetel 1 kaset saja di mobil 😀

 

Loading...
loading...
SHARE
Penyuka internet, komik dan game addict, yang memiliki motto "Get rich and famous, or die trying" :V

LEAVE A REPLY