10 Make Up Terbaik di Film, Bisa Kelihatan Nyata!

0
2809

Untuk membuat film terlihat semakin nyata, salah satu tim yang penting dalam kru film adalah tim make up. Dengan keajaiban make up, aktor dan aktris dalam film dapat berubah menjadi berbagai hal, apakah itu alien, mahluk aneh hingga monster sekalipun. Berikut ini ada 10 make up film terbaik di film yang membuat pemerannya tidak lagi dikenali. Siapa sajakah mereka?

10. Michael Keaton – Beetle Juice

Ketika sebuah karakter berada di tangan penata rias legendaris Ve Neill, sulit untuk menyepelekan karyanya. Neill, yang merupakan pemenang tiga Oscar, berhasil menciptakan gambaran tampilan acak-acakan untuk peran menyeramkan karakter Beetle Juice yang dimainkan oleh Michael Keaton. Karakter ini sukses memberikan tampilan undead yang sadis

Karakter yang diciptakan dengan cat wajah putih, bayangan hitam pekat, gigi kotor, dan wig hijau yang terentang. Film inilah membuat Neill mendapatkan Oscar pertamanya sehingga masuk dalam daftar make up terbaik di film.

9. Ron Pelman – Hellboy

Jika seseorang memainkan superhero iblis bernama Hellboy, maka dia harus melihat wujudnya.  Ron Perlman memanfaatkan kesempatan untuk membintangi film superhero eponymous 2004 yang disutradarai oleh Guillermo Del Toro.  Selama hampir empat jam sehari, dia akan duduk di kursi rias karena banyak potongan prostetik busa ditambahkan ke wajah dan dadanya.

Untuk menjadi make up terbaik di film, penata rias Jake Garber harus menemani Ron Pelman untuk, bilas, dan ulangi 85 kali lagi selama proses make up pembuatan film.

8. Helena Bonham Carter – Planet of The Apes

Mantan ratu Merchant-Ivory mengguncang segalanya pada tahun 2000 ketika dia memerankan seekor simpanse bernama Ari dalam remake Planet of the Apes. Proses riasannya sangat intens, Helena Bonham Carter harus mengalami empat hingga lima jam yang mulai dari riasan hingga gigi palsu termasuk telinga palsu. 

Prosesnya sangat rumit, namun keterbatasan fisik itu juga membuatnya untuk menggunakan suaranya untuk menyampaikan emosi karena sulitnya memberikan mimik wajah yang emosional.

7. Johny Depp – Alice in Wonderland

Depp sebenarnya tidak hanya di daftar make up terbaik di film untuk film ini saja tapi beberapa film seperti Black Mass, Dark Shadows, Charlie and the Chocolate Factory, jadi mari kita lihat giliran terbarunya di Alice Through the Looking Glass.  Aktor yang dinominasikan Oscar, yang sangat menyukai makeover yang sempurna seperti saat berperan menjadi Edward Scissorhands pada 1990.

BACA JUGA:  8 Tokoh Antagonis Yang Menjadi Pemeran Utama

Johny mengambil perannya sebagai Mad Hatter ke titik ekstrem. Dia memucatkan wajahnya dengan riasan putih, lalu mendramatisir penampilannya dengan lingkaran merah muda di bawah mata, bulu mata putih, wig merah keriting, dan celah aneh di antara gigi depannya. Benar-benar cocok seperti kisahnya.

6. Zoe Zaldana – Guardian of The Galaxy

Saldana memang juga ada di waralaba Star Trek, tetapi di daftar make up terbaik di film kali ini bukan untuk membicarakannya. Perannya terbaik lainya juga ada pada perannya sebagai alien biru Neytiri di Avatar. Namun untuk daftar kali di sini kita berbicara tentang perannya sebagai Gamora, alien hijau zamrud di Guardians of the Galaxy di tahun 2014. 

Dijuluki sebagai wanita paling mematikan di seluruh galaksi, Gamora termasuk dalam spesies Zehoberei yang hampir punah.  Sayangnya, Saldana bukan Zehoberei asli, jadi dia harus menghabiskan dua hingga tiga jam untuk memakai make up prosthetics dan ditutupi cat hijau dari ujung kepala hingga ujung kaki oleh penata rias film Lizzie Georgiou.

5. Oscar Isaac – X Men Apocalypse

Oscar Isaac memainkan peran supervillain jahat di X-Men: Apocalypse. Dalam film superhero ini, ia memainkan penjahat tituler bernama En Sabah Nur, mutan pertama di dunia, yang juga sangat ingin mengendalikan dunia. Dengan peran luar biasa tersebut, ia juga butuh make up intens yang estetik.

Selain setelan raksasa seberat 40 pon dan sepatu bot platform tebal, Isaac ditutupi prosthetics dan riasan biru yang benar-benar mengubah setiap inci wajahnya tersebut.

4. Rebecca Romijn – X Men

Dalam reboot X-Men 2000, Rebecca Romijn memainkan penjahat yang mampu mengubah wujudnya yang dikenal dengan nama Raven. Romijn menggunakan kulit berwarna biru untuk sebagian besar dari tiga film. Dan itu membutuhkan banyak proses, mengingat tampilan Mystique adalah ilusi telanjang serba biru dan meskipun Romijn pada dasarnya telanjang untuk tampilan itu. 

Pada film pertama, proses riasan yang panjang memakan waktu sekitar delapan atau sembilan jam, aktris tersebut mengatakan kepada Entertainment Weekly, tetapi kru berhasil mempersingkatnya pada film kedua.

BACA JUGA:  Pemeran Tambahan Untuk Sekuel Live-Action “Rurouni Kenshin”

3. Heath Ledger – Dark Knight

Ada banyak transformasi estetika yang luar biasa dalam sejarah yang kaya dari franchise komik Batman.  Jack Nicholson berhasil menangkap esensi gila Joker di Batman tahun 1989. Danny DeVito bersandar pada fisik Penguin yang aneh di Batman Returns tahun 1992. Dan Jared Leto memberi Joker sentuhan heavy metal di Suicide Squad yang akan datang.

Tapi mungkin yang paling berkesan adalah penampilan Heath Ledger yang manusiawi sebagai Joker di The Dark Knight tahun 2008.  Estetikanya sederhana, tetapi sangat berkesan: cat wajah putih bernoda, bayangan hitam kotor di sekitar mata, dan lipstik merah yang dioleskan di atas bekas silikon palsu, sebuah proses yang memakan waktu sekitar dua jam dari awal hingga selesai setiap hari, menurut Empire. 

Tampilan itu diakhiri dengan kunci warna hijau yang memberikan efek keseluruhan dari “badut compang-camping,” menurut ahli supervisor prosthetics Conor O’Sullivan. Peran ini juga membuat kritikus dan penonton sama, membuat Ledger mendapatkan Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik.

2. Ralph Fiennes – Harry Potter

Nominasi Oscar dua kali, Fiennes, menghidupkan kembali penjahat penyihir utama Voldemort dalam franchise film Harry Potter, dengan efek yang luar biasa.  Tampilannya adalah kombinasi riasan putih yang mendetail, pemblokir alis, dan gigi palsu, yang memakan waktu sekitar dua jam, dan penghilangan hidungnya secara digital untuk melengkapi penampilan Pangeran Kegelapan yang seperti ular. 

Meskipun demikian, Fiennes sangat membenci proses itu sehingga pada tahun 2014 dia memberi tahu Vanity Fair bahwa dia akan mempertimbangkan untuk melewatkan film selanjutnya jika itu membutuhkan banyak waktu di kursi rias.

1. Idris Elba – Star Trek Beyond

Aktor Inggris yang gagah benar-benar tidak dapat dikenali sebagai penjahat utama Krall di Star Trek Beyond mendatang. Karakter dunia lain berwarna biru dan ditutupi punggungan reptil tebal. Dia juga berbagi informasi bahwa proses riasan make up terbaik di film ini memakan waktu sekitar tiga jam, dengan hari-harinya dimulai sekitar pukul 4.15 pagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here