6 Film Tentang Tidur, Ada Yang Nyeremin Deh

0
51

Tidur adalah salah satu aktifitas manusia yang banyak dilakukan. Bahkan sepertiga dari hidup kita digunakan untuk tidur. Namun tidak selamanya tidur itu baik, terkadang ada juga tidur yang malah berujung hal yang tidak baik. Nah, berikut ini ada 6 film tentang tidur yang bisa kamu tonton. Apa sajakah film tersebut? Berikut ulasannya untuk kamu.

6. The Matrix (1999)

Film ini, meskipun sangat sedikit hubungannya dengan tidur, tetap merupakan sebutan yang terbaik untuk film tentang tidur ini. Keanu Reeves memerankan Neo, seorang pria yang terbangun dari simulasi realitas virtual untuk menemukan realitas distopia.  Ide ini, terbangun secara harfiah dan (terutama) secara metaforis, adalah salah satu tema utama film ini.  Namun, tidak ada dasar ilmiah untuk teknologi apa pun dalam film ini, meskipun Elon Musk berpikir kita mungkin hidup dalam simulasi.  Ini masih film yang mendebarkan.

5. Inception (2010)

Film ini dirilis pada tahun 2010, ditulis dan disutradarai oleh Christopher Nolan, dibintangi Leonardo DiCaprio sebagai seorang pencuri yang unik karena hendak mencuri informasi dengan menyusup ke mimpi dan alam bawah sadar orang.  Nolan mendasarkan ide untuk filmnya pada lucid dream, di mana Anda menyadari mimpi Anda dan dapat mengontrolnya.  Sementara teknologi untuk memasuki mimpi seseorang tidak (sayangnya) nyata, ilmu pengetahuan dan teknologi di balik pemantauan mimpi selalu maju.

BACA JUGA:  8 Topeng Paling Terkenal di Film, No.6 Sadis Banget

4. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)

Film tentang tidur ini diperankan oleh Jim Carrey dan Kate Winslet yang merupakan peran yang bernasib sial dalam film fiksi ilmiah romantis ini. Premis film ini bergantung pada dua orang yang menghapus satu sama lain dari ingatan mereka menggunakan jasa perusahaan fiksi. Prosedur itu terjadi dalam tidur mereka – pada kenyataannya.

Jim Carrey menghabiskan sebagian besar film di dunia mimpinya saat ingatannya terhapus.  Sementara Eternal Sunshine tidak begitu akurat dalam penggambaran teknologi dan tidur, itu agak akurat dalam hal ilmu saraf ingatan.  Secara keseluruhan, Eternal Sunshine adalah film yang luar biasa tentang cinta dan kehilangan

3. The Machinist (2004)

Film ini dibintangi oleh Christian Bale sebagai pria penderita insomnia yang tidak tidur nyenyak selama setahun dan mengubah tubuhnya sehingga sangat kurus. Setelah kecelakaan yang melibatkan rekan kerja, ia mulai kehilangan kemampuannya untuk menentukan apa yang nyata dan mana yang hanya halusinasi. 

Faktanya, banyak orang yang menderita insomnia mendapatkan lebih banyak waktu tidur, atau dapat berfungsi dengan baik dengan waktu tidur yang lebih sedikit, daripada yang mereka sadari.  Dikatakan demikian, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 menemukan bahwa gejala insomnia umum terjadi pada orang yang memiliki tingkat paranoia dan delusi yang tinggi.  

2. Fight Club (1996)

Film Fight Club menjadi salah satu film tentang tidur yang diadaptasi dari sebuah buku tahun 1996 dengan nama yang sama. Karya in merupakan salah satu yang terbaik dari David Fincher. Film ini dimulai dengan karakter Edward Norton yang menderita insomnia. Keadaan tersebut sangat memengaruhi hidupnya.

BACA JUGA:  8 Film Terbaik Berdasarkan Voting Internet, Apakah No. 2 Kisah Cinta Sejati?

Diperankan oleh Brad Pitt, Tyler Durden, film ini menjadi salah satu yang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, individu yang menderita gangguan identitas disosiatif cenderung memiliki lebih banyak masalah tidur dan kualitas tidur yang lebih rendah. Sebagian dari hal ini dapat menjelaskan perilakunya di awal film dan mengapa dia mengalami insomnia.

1. Nightmare of Elm Street (1984)

Film ini, yang ditulis dan disutradarai oleh master horor Wes Craven, dianggap sebagai salah satu film horor terbesar sepanjang masa termasuk dalam film tentang tidur terbaik. Apa yang membuatnya begitu ketakutan adalah ketika si penjahat berhasil membuat tidur, dan menyerang alam mimpimu. Siapa lagi kalau bukan Freddy Krueger.

Uniknya ada beberapa kejadian kematian yang terkait tidur yang menginspirasi film tersebut.  Craven tertarik dengan beberapa pengungsi Asia Tenggara, yang menderita mimpi buruk yang parah dan mengganggu dan menolak untuk tidur.  Beberapa pengungsi ini kemudian meninggal dalam tidur mereka selama mimpi buruk mereka, menginspirasi Craven untuk menulis skenario.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here