8 Kesalahan Film Fiksi Ilmiah Yang Tidak Masuk Akal

0
12806

Film fiksi ilmiah seringkali dijadikan sebagai film yang mendekati kenyataan karena sering dianggap dikembangkan dari suatu keadaan ilmiah. Padahal tidak semuanya di film tersebut benar, bahkan malah cenderung menyesatkan penontonnya. Nah berikut 8 kesalahan film fiksi ilmiah yang sebenarnya tidak benar dan tidak masuk akal.

8. Waterworld

Di posisi ke delapan kesalahan film fiksi ilmiah yang tidak masuk akal ada di film Waterworld. Film Hollywood tentang dunia yang seluruh daratannya menghilang, karena terendam air laut ini memiliki kesalahan pada kejadian tersebut. Konon es di kutub selatan yang meleleh yang menyebabkan daratan tenggelam. Padahal kenyataannya es di kutub tersebut tidak akan cukup untuk membuat semua daratan tenggelam. Trus air darimana ya?

7. Total Recall

Di posisi ketujuh kesalahan film fiksi ilmiah yang tidak sesuai faktanya adalah film di Total Recall yang dirilis pada tahun 1990 ini menceritakan adegan dimana seseorang yang berada di atas planet Mars tanpa pakaian pelindung kemudian melembung dan meledak. Faktanya hal itu tidak benar, apabila kita berada di Mars tanpa peralatan khusus yang terjadi tubuh kita hanya akan membeku setelah 90 detik, dan setelah itu jantung dan otak akan berhenti bekerja.

6. Independence Day

Di posisi ke enam ada Indepence Day yang mana film fiksi ilmiah ini memiliki salah satu kesalahan film fiksi ilmiah yang unik yakni ketika pahlawan di film ini menyebarkan malware pada komputer milik alien yang kemudian mematikan semua pesawat alien sehingga bumi selamat. Padahal kenyataannya akan cukup sulit untuk membuat virus komputer untuk sistem operasi yang berbeda, apalagi komputer ini berasal dari luar angkasa yang mana kita tidak tahu bahasa atau bahkan bahasa pemrograman yang dipakai. Slot usbnya juga pakai apa kita tidak tahu.

BACA JUGA:  8 Film Terbaik di Tahun 2018 Menurut Rotten Tomatoes, No.1 Ga Disangka Banget

5. Wing Commander

Di posisi ke lima ada Wing Commander yang memiliki salah satu kesalahan film fiksi ilmiah yang menyesatkan. Dalam film ini mengajarkan untuk seseorang tetap tenang selama melakukan perjalanan luar angkasa. Alasannya cukup sederhana yakni pesawat lain bisa mendengar suara karena luar angkasa begitu sunyi. Faktanya setiap orang bisa berteriak sekencang mungkin tanpa terdengar di pesawat lain, bahkan dalam bagian lain di pesawat juga tidak bisa mendengarnya.

4. Lucy

Dibintangi oleh Scarlett Johansson, salah satu kesalahan film fiksi ilmiah ada di film Lucy. Film ini menyatakan bahwa manusia tidak pernah menggunakan 100% kapasitas otaknya dan ketika mencapai angka tersebut manusia akan mendapatkan kekuatan super. Faktanya adalah manusia memang selalu memaksimalkan penggunaan otaknya, atau selalu 100% bahkan tanpa obat sekalipun. Jadi bisa dibilang apa yang dikatakan dalam film ini tidak berdasar. Masa kita dibilang tidak pernah memakai otak kita 100%, ya mungkin ketika ujian sekolah.

BACA JUGA:  8 Film Action Terbaik Abad Ini, Sudah Pernah Nonton Belum?

3. Die Another Day

Di posisi ketiga film dengan kesalahan film fiksi ilmiah ada di Die Another Day. Meskipun genrenya bisa dibilang adalah spionase, namun dalam salah satu adegannya bisa dibilang tidak masuk akal secara ilmiah. Adegan tersebut adalah ketika salah seorang penjahat yang merupakan orang Korea Selatan dalam film ini merubah DNA nya sehingga bisa menyamar sebagai orang Inggris. Faktanya akan sulit mengubah DNA manusia karena ada di seluruh bagian tubuh manusia. Jadi apabila kita ingin menggantinya maka kita harus mengganti seluruh tubuhnya juga.

2. Gravity

Sebagai salah satu film fiksi ilmiah yang populer, ternyata Gravity juga menyimpan kesalahan film fiksi ilmiah yakni ketika salah satu karakter dalam film ini harus memotong tali untuk menyelamatkan rekannya karena terus bergerak berputar. Faktanya hal tersebut tidak perlu dilakukan. Para astronot itu hanya perlu menambahkan gaya atau menarik agar perputaran tersebut berhenti. Jadi bisa dibilang pengorbanannya sia-sia karena ketidaktahuan akan hal tersebut. Seharusnya para astronot sudah memahami hukum fisika tersebut bukan?

1. Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull

Di posisi puncak ada Indiana Jones and The Kingdom of The Crystal Skull yang memiliki salah satu kesalahan film fiksi ilmiah. Kesalahan tersebut ada pada ketika Jones bersembunyi dalam sebuah kulkas ketika ada ledakan bom nuklir. Kulkas tersebut terlempar jauh dan Jones selamat. Faktanya hal tersebut tidak akan terjadi karena pasti kulkas tersebut akan meleleh bersama Jones didalamnya, jikalau tidak maka Jones akan mati karena radiasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here