6 Band Jepang Paling Populer, Ada Yang Kamu Suka?

0
30
band jepang paling populer di indonesia

J Rock atau Japanese Rock adalah genre musik yang khas dari band-band Jepang. Tidak sedikit band Jepang tersebut populer dan dikenal karena menjadi soundtrack anime atau hal berbau Jepang lainnya.

Nah berikuti ini ada 8 band Jepang paling populer yang dikenal baik di Indonesia maupun juga di berbagai negara. Bahkan beberapa band tersebut merupakan band yang sudah puluhan tahun ada. Siapakah para band yang populer tersebut? Berikut ulasannya.

Band Jepang Paling Populer di Dunia, termasuk Indonesia dan Mancanegara

6. King Gnu

Sebelumnya dikenal sebagai Srv.Vinci, band ini mengalami perubahan besar dari transfer label dan nama. Band Jepang paling populer ini membuat sebuah terobosan yang telah membuat gelombang untuk diskografi dan bintang mereka. King Gnu juga dijuluki sebagai Japan billboard chart-topper sejak debut major mereka. 

King Gnu juga baru-baru ini mengantongi penghargaan Best New Asian Artist – Japan selama 2019 Mnet Asian Music Awards (MAMA). Selain itu, mereka juga memenangkan Best Japanese Act di MTV Europe Music Awards di tahun yang sama.

Debut: 2015 hingga Sekarang |  5 tahun aktif

5.  Mr. Children

Band ini merupakan salah satu band J-rock terlaris dan tersukses dengan rekor penjualan 75 juta kopi. Mr Children juga mengklaim 30 hit nomor 1 berturut-turut. Tidak hanya itu juga, mereka juga memegang rekor album nomor 1 terbanyak di tangga lagu Oricon. Namun yang lebih menakjubkan lagi adalah mereka masih terus aktif sejak 1992 hingga sekarang.

BACA JUGA:  Pearl Jam Rilis Video Mind Your Manners

Debut: 1992 (Debut Utama) hingga Sekarang |  28 tahun aktif

4. Bump of Chicken

Grup legendaris yang juga dikenal sebagai salah satu band Jepang paling populer ini mungkin merupakan band yang memberikan banyak musik untuk video game, film, acara TV, dan anime di Jepang. BUMP OF CHICKEN selalu berhasil masuk dalam sepuluh besar Oricon untuk setiap rilisan lagu mereka.

Bahkan band in juga disebut memberi pengaruh besar mereka dalam budaya pop di Jepang mulai dari OST One Piece, Guitar Freaks, Drummania, Tales of Abyss, Doraemon Movie, dan Final Fantasy Type- O untuk beberapa nama.

Debut: 1994 hingga Sekarang |  26 tahun aktif

3. RADWIMPS

Dikenal sebagai band yang melampaui segala usia. RADWIMPS adalah salah satu band Jepang paling populer di negara asalnya dan juga di berbagai belahan dunia termasuk sebagai chart andalan di Jepang, mencetak beberapa Oricon nomor 1 sejak debutnya. Band bersertifikasi platinum ini dikenal karena liriknya yang mencolok dan suara rock eksperimentalnya.

Vokalis mereka, Yojiro Noda juga memulai debutnya sebagai artis solo dengan nama “illion” dan merilis dua album. RADWIMPS mendapatkan lebih banyak pengakuan global dengan menjadi pengisi untuk soundtrack film anime terlaris sepanjang masa, Your Name.

Debut: 2005 (Debut utama) hingga Present |  15 tahun aktif

2. L’Arc en Ciel

Band J-rock paling bersejarah, L’Arc~en~Ciel menjadi salah satu band Jepang paling populer dengan 40 juta penjualan rekaman yang menakjubkan sepanjang profil mereka. Terlepas dari masalah yang ada dari seputar band, para anggota terus dan berusaha untuk sukses  Tak lama setelah itu, sebagian besar rilisan mereka menduduki puncak tangga lagu Oricon.

BACA JUGA:  Drummer Weezer Ingin Tetap Bersama Weezer

Mengikuti pencapaian mereka di Jepang, grup yang juga dikenal dengan nama Laruku ini memperluas fans mereka ke pasar AS pada awal tahun 2000. Debut Eropa menyusul setahun setelahnya. Bahkan sekarang, L’Arc~en~Ciel terbukti menjadi kekuatan yang kuat di kancah rock Jepang. Band ini juga beberapa mengisi soundtrack untuk anime Jepang seperti salah satunya Full Metal Alchemist dan juga sebuah film 3D Final Fantasy Spirit Within.

Debut: 1991 hingga Sekarang |  29 tahun aktif

1. One OK Rock

Grup ternama ONE OK ROCK bisa dibilang telah meninggalkan jejak yang mengesankan untuk mewakili J-Rock di seluruh dunia. Mulai dari fleksibilitas suara band dari alternatif rock dan juga kesan emo, hingga pop-rock, menjadikan mereka salah satu ikon rock Jepang paling terkenal. Aura panggung mereka yang menakjubkan tidak bisa disamakan dengan yang lain. 

Bahka mereka juga pernah melakukan banyak kolaborasi luar biasa dengan berbagai band dan juga penyanyi papan atas lainnya seperti All Time Low, Sum41, 5SOS, My Chemical Romance, Avril Lavigne, dan Ed Sheeran.  One Ok Rock baru-baru ini dipuji sebagai “Artist of the Year” oleh Spaceshower Music Awards 2020. Sugoi!

Debut: 2005 – Sekarang |  15 tahun aktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here