8 Lagu Dengan Lirik Kontroversial

0
223

5. The Blacker The Berry – Kendrick Lamar

Sebuah contoh lagu dengan lirik kontroversial, karena cukup berani menampilkan opini atas kejadian sosial yang tengah booming. Lagu ini berjudul The Blacker The Berry yang dinyanyikan oleh rapper kenamaan Kendrick Lamar. Lagu ini diduga mengomentari tentang tewasnya seorang remaja akibat penembakan di US yang terjadi pada tahun 2012 lalu. Komunitas di Amerika langsung memprotes lirik dari lagu tersebut namun Kendrick berkelit bahwa lagu itu ditujukan untuk dirinya sendiri.

4. Ding Dong! The Witch Is Dead – The Wizard of Oz

Sebenarnya lagu berjudul Ding Dong! The Witch is Dead ini bukanlah sebuah lagu dengan lirik kontroversial. Karena tidak ada lirik yang kontroversial pada lagu nomor empat ini. Hanya saja lagu ini dimainkan pada saat dan konteks tertentu sehingga menjadi sebuah kritik politik pada seseorang. Lagu ini merupakan salah satu lagu soundtrack dari film klasik The Wizard of Song. Tiba tiba saja lagu ini dipesan untuk dimainkan di radio tepat saat kematian dari Margareth Tatcher, yang merupakan politikus wanita di Inggris. Alhasil pihak radio pun harus menjelaskan berbagai permasalaha tersebut.

3. Lemonade – Beyonce

Lagu merupakan luapan perasaan. Ya, inilah lagu di posisi ketiga yang merupakan salah satu lagu dengan lirik kontroversial. Lagu ini berjudul Lemonade tanpa tahu mengapa harus berjudul demikian, namun isinya adalah sebuah kekecewaan terhadap seseorang. Dibawakan oleh Beyonce, lagu ini diduga ditujukan untuk menyentil suaminya yakni Jay Z. Salah satu liriknya yang menjadi sorotan adalah “You can taste dishonesty/its all over your breath as you pass it off so cavalier.”

2. 1944 – Jamala

Di posisi kedua lagu dengan lirik kontroversial ada lagu yang berjudul 1944 yang dinyanyikan pada sebuah kompetisi menyanyi di Eurovision. Lagu ini menampilkan sebuah kritik politik yang di Eropa merupakan sebuah hal yang tabu untuk disampaikan dalam publik. Lirik yang dipermasalahkan adalah kalimat “the mass deportation during the world war two of the entire ethnic Tatar population from Crimea by soviets troops under the orders of Stalin.”

1. Famous – Kanye West

Di posisi pertama lagu dengan lirik kontroversial adalah lagu dari Kanye West yang berjudul Famous. Lagu yang bergenre rap berbahasa Inggris ini, Kanye tidak segan segan menyebut nama seseorang yang diduga adalah Taylor Swift dalam liriknya. Di liriknya tertulis “I feel like me and Taylor might still have sex” pada lagunya. Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa ada perseteruan antara dua penyanyi ini di dunia nyata yang semakin diperjelas dengan adanya boneka mirip Taylor Swift.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here