8 Lagu Hits Yang Mirip dan Disebut Plagiat

0
528

5. Bee Gees – How Deep Is Your Love mirip dengan Ronald Selle – Let It End

Kasus plagiarism atau kemiripan lagu selanjutnya menimpa grup musik trio legendaris the Bee Gees. Salah satu lagu hits yang mirip dari The Bee Gees berjudul How Deep Is Your Love dikatakan merupakan hasil contekan pada sebuah demo lagu dari Ronald Selle yang berjudul Let it end. Akhirnya permasalahan ini diajukan ke pengadilan dan dimenangkan oleh The Bee Gees sehingga bebas dari tuntutan hukum. Alasannya? Karena Let it end hanya baru sebuah demo lagu.

BACA JUGA:  8 Artis Barat Yang Pernah Jadi Pengamen, No.1 Memang Orangnya Sederhana

6. George Harrison – My Sweet Lord mirip dengan The Chiffons – He’s so fine

Nama kenamaan George Harrison sebagai salah satu pentolan grup band The Beatles juga tidak lepas dari masalah lagu hits yang mirip. George dituduh melakukan plagiat pada lagunya yang berjudul My Sweet Lord yang merupakan lagu dari He’s so Fine karya Ronald Mack yang dinyanyikan The Chiffons. Namun di akhir, Harrison bebas karena memang dia tidak sengaja atau tidak sadar lagu yang dia buat menjadi mirip.

BACA JUGA:  8 Musisi Paling Kaya di Dunia, Pasti Banyak Yang Tidak Kenal

7. The Beatles – Come Together mirip dengan Chuck Berry – You Can’t Catch Me

Gitaris ternama Chuck Berry juga disebut sebut telah menjadi korban plagiarisme bahkan pelakuknya tidak tanggung tanggung merupakan salah satu musisi ternama juga yakni The Beatles. Lagu yang dipermasalahkan adalah lagu Come Together milik The Beatles yang disebut sebagai lagu hits yang mirip dengan You Can’t Catch Me dari Chuck Berry. Permasalahan selesai di pengadilan dengan mengambil jalan tengah untuk meminta ijin menyanyikan lagu Chuck Berry lainnya.

8. Rod Stewart – Do Ya Think I’m Sexy? mirip dengan Jorge Ben Jor – Taj Mahal

Musisi Brazil Jorge Ben Jor juga bermasalah untuk kasus lagu hits yang mirip. lagu miliknya yang berjudul Taj Mahal diduga diplagiasi oleh Rod Steward dengan lagu berjudul Do Ya Think I’m Sexy. Permasalahan ini akhirnya selesai di pengadilan secara tertutup dan kasusnya tidak berkepanjangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here