8 Game Kontroversial Dari Kisah Nyata, No. 2 Kasusnya Masih Misteri

0
857

Inspirasi untuk membuat sebuah game sangatlah bermacam-macam. Mulai dari cerita rakyat, dongeng, kartun dan anime hingga kisah nyata juga. Sayangnya ada game yang latar belakang ceritanya dari kisah nyata yang dimasukkan sebagai ide cerita game, namun ide tersebut terbilang kontroversial dan merupakan isu sensitif. Nah berikut 8 game kontroversial dari kisah nyata yang mungkin kamu tertarik untuk memainkannya.

Game Kontroversial yang Berasal Dari Kisah Dunia Nyata, yang Masih Menjadi Misteri

8. Blackwater

Game kontroversial dari kisah nyata di posisi kedelapan adalah Blackwater. Blackwater sendiri merupakan sebuah nama dari grup tentara bayaran swasta yang dapat disewa untuk membunuh orang tertentu. Tentu saja grup ini merupakan grup kontroversial sehingga gamenya pun juga kontroversial, dengan beberapa misi yang meskipun merupakan lokasi fiksi namun membawa isu-isu seperti rasisme dan lainnya.

7. Quest for Bush

Di posisi ketujuh game kontroversial dari kisah nyata ada Quest for Bush yang merupakan sebuah game kontroversial yang dibuat oleh sebuah pengembang yang konon memiliki hubungan dengan organisasi Al Qaeda. Seperti judulnya, dalam game ini kamu memiliki misi untuk membunuh presiden Amerika Serikat sebelumnya yakni George Bush. Namun ternyata, game ini sendiri merupakan sebuah mod dari game berjudul Quest for Saddam yang memburu presiden Irak, Saddam Hussein.

BACA JUGA:  8 Game Paling Mengecewakan di Tahun 2017

6. Sherlock Holmes Versus Jack The Ripper

Di posisi ke enam game kontroversial dari kisah nyata ada Sherlock Holmes Versus Jack The RIpper. Meskipun Sherlock Holmes sendiri merupakan karakter fiksional dari sebuah novel detektif misteri karya Sir Arthur Conan Doyle, namun Jack The Ripper sendiri merupakan sebuah kisah nyata kejadian pembunuhan dari lima perempuan di jalanan kota London. Lalu bagaimana hasilnya? Apakah Holmes akan menjadi jawaban dari kisah pembunuhan ini? Kamu bisa mencobanya.

5. JFK Reloaded

Di posisi ke lima game kontroversial dari kisah nyata ada JFK Reloaded. Seperti yang kita ketahui bahwa JFK sendiri merupakan singkatan dari nama presiden ke 35 Amerika Serikat yakni John F. Kennedy yang terbunuh di mobilnya. Game ini dikatakan merupakan sebuah simulator sejarah dimana kamu uga harus turut andil dalam kejadian pembunuhan JFK oleh Lee Harvey Oswald yang mana kasusnya sendiri tidak dibawa ke pengadilan karena pelaku juga dibunuh oleh Jack RUby. Penasaran dengan gamenya?

4. Kholat

Di posisi ke empat game kontroversial dari kisah nyata ada Kholat yang merupakan sebuah game horor indie. Game PC ini terinspirasi dari sebuah tragedi bernama The Dyatlov Pass yang tercatat sebagai kisah teraneh dalam sejarah Rusia. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1959 saat enam pemain ski yang hendak bermain di trek ski Pegunungan Ural menghilang. Keenamnya ditemukan dalam keadaan tewas dengan kondisi utuh namun mengerikan seperti bola mata dan lidah yang menghilang. Dari dalam tenda pun terlihat sayatan aneh dari dalam. Ada dugaan bahwa pemerintah Rusia juga terlibat pada kejadian ini.

BACA JUGA:  10 Tayangan Game Paling Populer di Youtube

3. Hunting Yankee

Di posisi ketiga game kontroversial dari kisah nyata ada Hunting Yankee yang merupakan game besutan sebuah firma di Korea Utara. Mendengar kata Korea Utara, pasti kamu akan sadar bahwa game ini adalah sebuah alat propaganda untuk menjelekkan Amerika Serikat. Misi dari game ini, seperti judulnya, adalah memburu orang Amerika dan membunuhnya. Game bergenre First Person Shooter ini bukanlah game propaganda pertama, meskipun demikian grafisnya masih saja terlihat buruk.

2. L.A. Noire

Di posisi kedua game kontroversial dari kisah nyata selanjutnya adalah L.A. Noire. Game ini merupakan sebuah game yang diadaptasi dari kisah Black Dahlia yang merupakan kasus pembunuhan sadis seorang wanita pada tahun 1947. Hingga kini kasus yang terkenal hingga dijadikan sebuah film tersebut belum tuntas. Kisah tersebut diawali dari penemuan mayat seorang perempuan yang ditemukan terpotong menjadi dua di bagian perut, mulut yang sobek dan di dadanya ada sebuah luka bertuliskan B.D yang merupakan singkatan dari Black Dahlia yang merupakan julukan dari Elizabeth Short, seorang aktris Hollywood terkemuka.

1. Paper, Please

Semenjak Donald Trump menggantikan Barack Obama sebagai presiden resmi Amerika Serikat, namanya tidak pernah sepi dari pemberitaan. Salah satunya adalah kebijakan yang dibawa oleh Trump yakni masalah imigrasi yang membatasi warga non Amerika untuk masuk. Kebijakan ini menjadi sebuah game kontroversial dari kisah nyata bernama Paper, Please yang mana dalam game tersebut kamu berperan sebagai petugas imigrasi yang akan mengecek data orang yang akan masuk ke Amerika. Jika kamu salah beberapa hal bisa terjadi, mulai dari pengurangan gaji hingga bom meledak dalam kota.

Optimus
Penggila segala sesuatu yang berbau game dan tekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here