7 Cara Menghasilkan Uang Dari Bermain Game

0
34
Cara Menghasilkan Uang Dari Bermain Game - dota 2

Bermain game, baik itu di smartphone, konsol, ataupun PC, saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kadang di kala bosan atau di saat istirahat, bermain game dapat menjadi hiburan untuk menghilangkan penat. Tapi tahukah kamu, kalau dari bermain game ternyata dapat menghasilkan uang. Ya, bermain game saat ini tidak lagi dikaitkan dengan malas atau menghabiskan waktu saja, namun juga bisa menghasilkan uang. Contoh game yang bisa menghasilkan uang adalah Dota 2, Mobile Legend, Free Fire, PUBG Mobile dan game lainnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari bermain game? Berikut ulasan 7 cara menghasilkan uang dari bermain game. Game ini bisa saja merupakan game online maupun game offline. Dan game yang kamu mainkan bisa melalui smartphone, konsol atau PC. Lumayan loh, bisa menghasilkan uang tambahan atau bahkan menjadi pemasukkan utama untuk kamu. Tapi ada syaratnya ya, kamu harus memainkan gamenya dengan serius.

Cara Menghasilkan Uang Dari Bermain Game - pubg mobile

Cara Mendapatkan dan Menghasilkan Uang Dari Bermain Game

1. Live Streaming Ketika Bermain Game

Saat ini layanan streaming sudah banyak yang tersedia di internet, seperti Youtube, Twitch, atau Vidio. Kamu bisa memainkan game kesukaan kamu sambil melakukan live stream di layanan streaming tersebut. Kamu akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tayang di penonton/viewer kamu.

Jika kamu memainkan game dan melakukan live stream setiap hari, kamu akan bisa mendapatkan penonton setia. Semakin banyak penonton, maka akan semakin banyak pemasukkan kamu dari iklan. Streamer yang sudah sukses saat ini dan memiliki banyak subscriber dan penonton adalah Windah Basudara dan Tara Arts.

2. Melalui Donasi

Di nomor kedua cara mendapatkan dari bermain game adalah melalui donasi. Hal ini bisa kamu lakukan ketika melakukan live streaming, dan memasang link donasi di stream kamu berupa QR Code. Penonton kamu akan bisa memberikan donasi kepada kamu dengan cara melakukan scan QR Code milikmu, dan otomatis akan diarahkan ke akun dompet digital kamu, seperti Ovo, Gopay, Dana, dan lainnya.

Saat ini sudah banyak layanan donasi pihak ketiga yang tersedia, seperti Saweria, Patreon, Streamlabs dan layanan donasi lainnya. Biasanya layanan donasi ini akan mencharge kamu dengan potongan sekitar 10% sebagai biaya layanan.

3. Menjadi Joki

Cara selanjutnya menghasilkan uang melalui bermain game adalah dengan menjadi joki. Tidak semua orang hebat atau jago dalam bermain game. Beberapa di antara mereka ingin memiliki level yang tinggi dari karakter mereka. Nah, kalau kamu hebat dalam bermain game tersebut, kamu dapat menawarkan jasa joki untuk teman atau orang yang menginginkan level karakternya dinaikkan. Kamu akan mendapatkan bayaran dari jasa joki ini.

4. Menjadi Pelatih (Coach)

Ketika kamu merasa memiliki kemampuan strategi yang baik dalam bermain game, kamu juga merasa mampu mengarahkan orang dalam bermain game hingga menjadi lebih baik, maka menjadi pelatih atau coach game adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Kamu bisa melatih pemain baik itu pemain perorangan ataupun pelatih tim. Dari melatih ini kamu akan bisa mendapatkan uang, berupa bayaran dari jasa kamu melatih.

5. Menjual Item Game Di Market / Shop

Cara selanjutnya mendapatkan uang dari bermain game adalah dengan cara menjual item game di market atau shop yang tersedia di game tersebut. Untuk game seperti Dota 2 misalnya, kamu bisa membeli item yang hanya rilis di periode atau momen tertentu. Kamu dapat menyimpan item tersebut, dan menjualnya ketika harganya naik atau meningkat. Kamu akan menghasilkan uang dari selisih harga beli dan harga jual.

Cara lainnya adalah kamu bisa mendapatkan item ketika kamu selesai bermain game. Pada saat momen tertentu, item yang kamu dapatkan bisa merupakan rare item, yang ada pada momen tersebut. Item tersebut akan bisa kamu jual kepada orang lain yang menginginkannya. Namun biasanya item game ini tidak dapat dijual di market atau shop, jadi kamu hanya bisa menjualnya  secara langsung ke orang lain, dengan cara mengirimkannya sebagai gift.

6. Mengikuti Kompetisi / Turnamen

Kamu merasa memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam bermain game? Itu berarti saatnya kamu mengikut kompetisi atau turnamen game. Ketika kamu berhasil menang, maka kamu akan mendapatkan hadiah, yang biasanya adalah berupa uang tunai. Beberapa penyelenggara kompetisi dan turnamen memberikan hadiah dengan nilai yang besar loh, jadi kamu bisa menghasilkan uang yang banyak jika kamu mengikuti banyak turnamen dan memenangkannya.

7. Bergabung Dengan Tim E-Sport

Di urutan terakhir cara menghasilkan uang dari bermain game adalah dengan bergabung di tim E-Sport. Kalau kamu merasa hebat dalam bermain game dan punya kemampuan teamwork yang baik, maka kamu cocok untuk hal ini. Dengan bergabung dengan tim E-Sport, kamu akan mendapatkan gaji bulanan dan bonus kalau tim kamu berhasil memenangkan turnamen. Eits jangan senang dulu, karena untuk dapat bergabung dengan tim E-Sport, kamu harus melalui berbagai tes dan saringan untuk menguji kemampuanmu dalam bermain game dan juga teamwork kamu.

Itulah 7 cara mendapatkan uang dari bermain game. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk kamu yang ingin serius bermain game dan mendapatkan penghasilan dari game. Ada banyak yang harus kamu korbankan untuk ini, karena kamu harus menginvestasikan banyak waktumu. Jadi pikirkan baik-baik sebelum melakukannya ya :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here