8 Adegan Yang Menjadi Ciri Khas Dalam Sinetron Indonesia

0
38

Perkembangan sinetron Indonesia sekarang semakin cepat dan semakin banyak judul yang menghebohkan penonton. Sinetron Indonesia saat ini nampaknya tidak lepas dari adegan yang lucu, bahkan bisa dibilang kurang masuk akal. Ketidak-masuk-akalan tersebutlah yang menjadi ciri khas dari sinetron Indonesia. 

Tidak hanya di Indonesia, sinetron di India juga memiliki adegan yang kocak dan lebay, cerita yang kadang kurang masuk akal, seperti berencana memberi racun ke minuman lawan, kabur dari rumah orang tua, dan lain-lain.

Adegan-Adegan yang Aneh dan Tidak Boleh Ketinggalan Dalam Sinetron Indonesia

Ada sangat banyak adegan-adegan kocak dan kurang masuk akal yang bisa kita temukan di sinetron Indonesia. Pasti kalian juga sudah bisa membayangkan adegan apa saja yang akan ada di artikel ini. Mari kita simak adegan-adegan apa saja, pasti kamu akan setuju dan ikut tertawa.

1. Lupa Ingatan

Biasanya, karakter utama yang selalu mendapat musibah kecelakaan lalu bangun dari koma dengan terkena lupa ingatan atau amnesia.

Setelah mengalami kecelakaan, karakter tersebut akan mengalami koma yang lama, lalu setelah sadar akan mengalami lupa ingatan. Karakter tersebut kehilangan ingatan tentang dirinya, kejadian yang sebelumnya menimpanya, dan orang-orang yang dia kenal.

Akan ada episode panjang sampai karakter tersebut mendapat ingatannya kembali. Biasanya, karakter antagonis akan memanfaatkan keadaan dan berpura-pura berteman dengan karakter yang lupa ingatan untuk berbuat jahat.

2. Perban di Atas Rambut

Ini adalah salah satu hal paling lucu dan aneh dari sinetron Indonesia. Semua luka setelah kecelakaan yang ditampilkan selalu berada di kepala, entah apapun kecelakannya. 

Mau itu kecelakaan karena tertabrak mobil, berantem, atau apapun itu, lukanya pasti di kepala. Dan juga luka hanya di kepala dan bagian tubuh lainnya baik-baik saja.

Yang lebih aneh lagi adalah perban yang digunakan di jidat pasti tertutup rambut. Harusnya perban menutupi kulit bukan rambut. Ada-ada saja, ya.

BACA JUGA:  6 Film Tampilkan Pesona Indonesia

3. Teriak Sebelum Ditabrak

Adegan ini selalu menjadi bahan tertawaan para netizen di Internet. Adegan tertabrak tidak pernah terlihat natural dan kelihatan sangat dipaksakan, bukan?

Sebelum ditabrak, tokohnya akan teriak padahal mobil atau mobil masih sangat jauh. Bukannya minggir atau menghindar, tokohnya malah teriak dan akhirnya tertabrak.

Adegan tersebut akan diberikan efek zoom in dan zoom out yang dramatis sebelum tokoh sempat tertabrak.

Kadang juga yang ditonton penonton adalah tokoh yang mendekati mobil atau motor sehingga jadi tertabrak.

4. Jahatnya Ibu Tiri

Sosok ibu tiru di Indonesia selalu digambarkan jahat dan tidak sayang kepada anak suaminya atau anak tirinya. Ibu tiri dalam sinetron Indonesia juga sering digambarkan haus harta dan kekayaan. 

Di kehidupan asli, ibu tiri tidak selalu seperti itu pastinya. Banyak ibu sambung yang sangat menyayangi anak-anak tirinya.

Lalu juga biasanya ibu tiri akan jahat kepada ank tiri dan bersekongkol dengan anak kandung yang dilahirkan dari rahimnya sendiri untuk mem-bully anak dan saudara tirinya. Mirip cerita Cinderella, ya.

Tetapi, kelakuan jahat ibu tiri tidak akan diketahui oleh suaminya. Anak tirinya juga akan dimarahi besar-besaran kaalu mengadu kepada ayahnya.

5. Kabur Diam-Diam

Biasanya, setelah sekian lama tinggal bersama ibu tiri yang jahat, tokoh utama yang lugu dan baik akan diam-diam mencoba kabur dari rumah.

Biasanya adegan ini dilakukan saat sedang sendiri di rumah atau saat malam setelah semua orang tidur. Tokoh utama akan kabur dari pintu belakang atau melompat dari jendela.

Setelah berhasil kabur, tokoh tersebut tidak tahu harus tidur dan tinggal di mana karena uangnya pas-pasan. Kadang mereka akan tidur di pinggir jalan atau di kolong jembatan. Sungguh sedih dan dramatis ya kisahnya.

6. Ratusan Sampai Ribuan Episode

Kalau mau di sebutkan, akan ada banyak sekali judul-judul sinetron Indonesia yang memiliki episode sampai menyentuh seribuan episode. Biasanay juga dijadikan berseri atau musim (season).

BACA JUGA:  6 Film Perang Terbaik Dari Seluruh Dunia

Contohnya adalah sinetron Cinta Fitri yang memiliki 7 season dan sinetron yang dimulai tahun 90-an akhir, Tersanjung, yang juga punya 7 season.

Tidak lupa Tukang Bubur Naik Haji dengan 2185 episode, Anak Langit dengan 1412 episode, dan Tukang Ojek Pengkolan (TOP) dengan 2122 episode. Untuk Tukang Bubur Naik Haji sendiri, padahal tokoh utamanya, Mat Solar, sebagai Haji Sulam tidak main lagi karena kondisi kesahatan, tetapi sinetron ini tetap lanjut sampai menyentuh 2000-an episode.

Tim penulis skrip sangat kreatif, ya. Sinetronnya bisa dibuat panjang sampai berkurang dan bertambah pemain terus. Semua tokoh mempunyai ceritanya sendiri.

7. Pasangan yang Bertatap-tatapan

Adegan romantis ini dilakukan oleh sepasang kekasih atau biasanya saat masih masa PDKT. Background musiknya adalah lagu romantis. Dan permainan kamera yang juga lucu.

Pasangan tersebut akan bertatap-tatapan. Bukannya baper, penonton malah kebanyakan geli dan bertanya-tanya mereka sebetulnya kenapa.

Adegan seperti ini juga biasanya akan dibahas netizen di sosial media karena berhasil membuat penonton tertawa geli. 

8. Tidur Masih Pakai Makeup

Sepertinya adegan ini bukan hanya ada di drama Indonesia tetapi di drama seluruh dunia.

Memang, dalam syuting harus memakai makeup karena harus tetap terlihat rapi. Tetapi, tokoh di sinetron Indonesia makeup-nya masih menggunakan makeup tebal yang tidak terlihat natural. 

Bukan hanya untuk adegan tidur, tetapi juga adegan di rumah sakit atau adegan setelah kecelakaan pun tetap dengan makeup cetar. Padahal nyatanya tidak ada yang seperti itu, bukan?

Itulah 8 adegan yang menjadi ciri khas sinetron indonesia yang bisa diketahui. Kira-kira adegan manakah yang menurut kalian paling menggelitik? Komen di bawah ya :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here